Ibadah Haji & Umroh Wajib Gunakan Gelang Khusus

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2016 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 14 406 1437991 ibadah-haji-umroh-wajib-gunakan-gelang-khusus-kpKoSnLj4o.jpg Ibadah haji dan umroh wajib pakai gelang khusus (Foto: CNN)

ADA yang berbeda dengan jamaah haji tahun ini. Pasalnya, mereka akan mengenakan gelang berteknologi khusus.

Hal ini direncanakan kementerian terkait sebagai upaya membuat event tahunan ini menjadi lebih tertib dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat tahun lalu terjadi musibah yang tak terelakkan saat jamaah haji melempar jumrah di Mina.

Gelang ini diklaim akan membantu pihak otoritas lebih mudah memberikan perawatan dan mengidentifikasi orang jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga proses identifikasi tidak memakan waktu lama saat diperlukan.

Dilansir Alarabiya, Kamis (14/7/2016), gelang berteknologi tinggi akan terhubung pada perangkat GPS dan juga kedap air.

Selain itu, perangkat ini juga dapat menginstruksikan jamaah haji dalam berbagai bahasa. Mulai dari membimbing bacaan doa, pengingat waktu salat, hingga beberapa kegiatan lainnya dalam rangkaian ibadah haji.

Tak hanya itu, gelang ini juga dapat memberikan informasi mengenai alamat-alamat tempat tinggal yang dihuni para jamaah haji di negara itu. Tak ketinggalan juga rekam medis para jamaah haji tersimpan di dalam gelang ini.

Makkah sendiri selalu dikunjungi lebih dari dua juta umat Muslim yang akan melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya.

Untuk meningkatkan keamanan di area ini, pihak Arab Saudi juga memasang seribu kamera pemantau di Masjidil Haram.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini