Festival di Papua Ini Incaran Turis Asing

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2016 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 21 406 1443803 festival-di-papua-ini-incaran-turis-asing-YBIfUwxxI7.jpg Papua (Foto: Tripadvisor)

FESTIVAL Budaya Lembah Baliem tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal, wisatawan mancanegara sering menghadiri festival tertua di tanah Papua.

Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo, saat konferensi pers di DoubleTree by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2016).

“Pada perhelatan ke 1-18 memang tidak banyak wisatawan yang datang, baik itu dari domestik maupun mancanegara. Namun, setelah kami lakukan strategi promosi yang gencar dan terstruktur, pada perheletan ke 19-26 jumlah wisatawan mengalami peningkatan terutama wisatawan mancanegara. Jumlah wisman yang datang tiap tahun mencapai 800-1000 orang,” tutur John.

John menjelaskan, baru-baru ini sejumlah kru dari media Inggris yakni BBC, khusus mendatangi kabupaten Jayawijaya untuk membuat sebuah film dokumenter. Tempat ini memang memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang sangat unik dan juga menarik.

Suasana tempatnya pun didukung keindahan alam yang sangat berlimpah, karena letaknya yang berada di pegunungan tengah Papua.

Ia juga menghimbau kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara, untuk melakukan reservasi lima bulan sebelum acara dilangsungkan, mengingat akomodasi hotel yang ada di Jayawijaya masih terbilang minim.

“Resorts kami yang mendapatkan penghargaan dalam acara bergengsi International Tourism Bourse (ITB) bahkan sudah full-booking sejak 7 bulan sebelumnya. Namun, para wisatawan juga dapat menggunakan fasilitas homestay yang telah disediakan oleh masyrakat setempat sekalian menyatu dengan mereka,” tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini