Karena Ini, Nusa Penida Bali Digemari Wisman

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2016 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 02 406 1453437 karena-ini-nusa-penida-bali-digemari-wisman-biIFeWZhCd.jpg Bali (Foto: CNN)

KEINDAHAN bawah laut merupakan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi bisa melihat secara langsung.

Ikan mola-mola atau biasa disebut Sunfish memiliki tekstur tubuh raksasa dengan permukaan kulit yang kasar. Ikan ini juga memiliki hobi yang unik, yakni berjemur di bawah sinar matahari.

Menurut para peniliti, ikan mola-mola memang alergi air dingin meski hidupnya di bawah kedalaman laut.

Berkat kebiasaan berjemur itulah, daerah Nusa Penida di Bali kerap dipadati wisatawan mancanegara yang penasaran ingin melihat langsung ikan terberat di dunia itu.

Hal tersebut juga diakui oleh artis cantik, Jane Shalimar, yang kebetulan pernah merasakan sensasi berenang bersama ikan mola-mola.

“Untuk bisa melihat ikan mola-mola secara langsung, sebisa mungkin harus sudah pandai menyelam. Arus di lautnya itu kenceng banget. Aku aja harus menggunakan tali biar tidak terpisah dengan teman-teman tim lainnya,” tutur Jane Shalimar, di Kantor Okezone, Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Jane menambahkan, ada jadwal tersendiri bagi wisatawan yang ingin melihat ikan raksasa ini. Pasalnya, ikan mola-mola tidak muncul jika suhu air laut di bawah 12 derajat celcius.

Menurutnya, bulan Agustus merupakan jadwal yang tepat untuk melihat ikan mola-mola karena berbarengan dengan datangnya musim panas.

Dan biasanya, wisatawan-wisatawan dari seluruh dunia sudah memadati kawasan Nusa Penida, Bali, sejak akhir Juli.

“Yang niat banget melihat ikan mola-mola itu, kebanyakan fotografer professional dari seluruh dunia. Soalnya, lokasi paling strategis dan nyaman untuk melihat ikan tersebut hanya ada di Nusa Penida, Bali,” tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini