Pemerintah Harus Kembangkan Lebih Banyak Ekowisata

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2016 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 06 406 1456783 pemerintah-harus-kembangkan-lebih-banyak-ekowisata-ctmpL6eoNQ.jpg Ekowisata perlu lebih dikembangkan untuk kelestarian alam (Foto: Tripadvisor)

INDUSTRI Pariwisata memang menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa negara. Namun, masih banyak praktek wisata yang justru menjadi sebuah ancaman bagi lingkungan hidup.

Hal tersebut seperti yang diutarakan oleh Sunarto, Ekolog Satwa WWF Indonesia, kepada Okezone, dalam acara Hari Harimau Sedunia, di Senayan City, Jumat 29 Juli 2016. "Banyak orang berpikir, ketika sudah mengunjungi Taman Nasional mereka merasa hebat. Apakah mereka pernah bikir, kontribusi apa yang telah mereka berikan kepada alam?," tuturnya.

Sunarto menambahkan, makna berwisata itu adalah untuk mendapatkan pengalaman hidup, bukan hanya sekedar berkunjung. Bahkan, menurut Sunarto, banyak perilaku orang yang justru mengancam kelestarian alam.

"Trend saat ini, banyak orang yang berwisata hanya untuk berfoto, membuat kegaduhan, dan terkadang masih membuang sampah di sembarang tempat. Hal itu bisa menjadi ancaman terbesar bagi alam kita," tukasnya.

Lebih lanjut, Sunarto menjelaskan bahwa, cara terbaik untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan mengembangkan konsep ekowisata. Konsep ini membantu wisatawan untuk ikut memberikan kontribusi pada alam, sehingga tidak sekedar berkunjung.

"Pemerintah seharusnya mengembangkan konsep ekowisata yang lebih banyak. Kalau alam bersih dan terjaga, dampaknya akan sangat besar bagi perekonomian kita," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini