Perburuan Ilegal Ancam Populasi Harimau Sumatera di Riau

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2016 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 06 406 1456790 perburuan-ilegal-ancam-populasi-harimau-sumatera-di-riau-rDAbWLTpGn.jpg Harimau Sumatera di Riau terancam punah (Foto: Dok. Okezone)

PROVINSI Riau menjadi hotspot perburuan ilegal dan perdagangan satwa liar spesies Harimau Sumatera. Ancaman semakin berkurangnya populasi Harimau Sumatera menuju kepunahan terus berlanjut.

International Union for Conservation of Nature, telah menyatakan Harimau Sumatera sebagai salah satu spesies yang berada dalam status kritis atau nyaris punah. Berkurangnya habitat mereka, serta maraknya perburuan liar di Pulau Sumatera merupakan penyebab utama.

"Saat ini masih Riau yang menjadi hotspot atau ancaman paling tinggi terhadap habitat Harimau Sumatera," tutur Sunarto, Ekolog Satwa WWF Indonesia kepada Okezone dalam acara Hari Harimau Sedunia, di Senayan City, baru-baru ini.

Bahkan, Sunarto mengatakan, ancaman tersebut sudah mulai merambah ke Aceh. Kemungkinan besar karena kondisi politik Aceh yang tidak stabil, sehingga koordinasi antar instansi pemerintah daerah pun tidak maksimal.

"Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam mendorong penyelamatan Harimau Sumatera. Terkadang masih ada yang takut untuk melapor ketika mereka melihat aksi perburuan ilegal," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini