Semarak Festival Togean Perkenalkan Bahari Sulawesi Tengah ke Dunia

Johan Sompotan, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2016 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 16 406 1465474 semarak-festival-togean-perkenalkan-bahari-sulawesi-tengah-ke-dunia-r5YWJ6AIzY.jpg Festival Togean siap semarakkan Pesona Indonesia kepada dunia (Foto: Huffingtonpost)

DEMI menguatkan wisata bahari, Sulawesi Tengah menghadirkan Festival Togean. Hal ini dilakukan agar dunia bisa lebih dalam mengenal bahari di sana.

Festival Bahari Pesona Kepulauan Togean memasuki tahun ke-12 ini akan berlangsung pada 27 hingga 31 Agustus mendatang.

"Hadirnya festival ini kami dari pihak Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara 500 wisatawan dan selebihnya dari wisatawan nusantara," beber Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti di Jakarta, baru-baru ini.

Dalam meramaikan festival ini, maka beragam acara bakal menambah kekayaan wisata bahari Togean yakni lomba perahu layar, perahu kecil (ketinting), tarik tambang perahu, lomba rally photo landscape, jelajah destinasi kepulauan Togean, lomba lari karung di pantai, busana daerah serta pameran industri kreatif masyarakat.

"Potensinya bahari tentu juga ada kuliner. Di sana ada masyarakat Bajo yang menarik untuk dilihat lebih dekat," bebernya lagi.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Sudarto menambahkan ada 626 pulau besar dan pulau kecil 40 pulau sudah dikasih nama.

"Togean dikenal dengan laut indah, Pulo kecil indah, terumbu karang. Sehingga ini bisa ditetapkan menjadi destinasi pariwisata," paparnya.

Terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, Kepulauan Togean diharapkan bisa membawa dampak positif untuk pariwisata Indonesia.

"Peningkatan infrastruktur seperti listrik, alat komunikasi, air bersih, dermaga perlu ditata, hotel, homestay, restoran juga perlu ditingkatkan," tukasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini