Serius Kembangkan Pariwisata, Presiden Jokowi Kunjungi Puluhan Daerah di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 12 September 2016 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 12 406 1487413 serius-kembangkan-pariwisata-presiden-jokowi-kunjungi-puluhan-daerah-di-indonesia-4HSjasRMEn.jpg Potensi wisata Indonesia cukup tinggi, asalkan dikelola dengan baik (foto: okezone)

SELAMA ini Indonesia terlalu lama mengesampingkan sektor pariwisata sebagai pilihan untuk mendongkrak nilai kompetisi sebagai negara. Budgetnya terlalu minim, bahkan bisa disebut “asal ada” saja.

Padahal dalam sastra khas Jawa, Indonesia sering dijuluki “Gemah Ripah Loh Jinawi Subur Makmur Kartaraharja”, namun pembangunan di berbagai daerah masih belum merata.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa, saat ini industri pariwisata Indonesia sudah terbilang maju dibandingkan dengan periode sebelumnya.

“Di era Presiden Joko Widodo, pariwisata ditempatkan sebagai sektor unggulan, selain infrastruktur, maritim, pangan dan energi,” sebut Menpar Arief Yahya, dikutip dari akun Facebook resmi Kementerian Pariwisata RI, Senin (12/9/2016).

Meskipun demikian, pertanyaan-pertanyaan baru pun kembali bermunculan. Apakah komitmen Negara serius menempatkan pariwisata sebagai sektor prioritas? Apa tercermin di strategi budgeting? Apa ada prioritas membangun kawasan wisata sebagai destinasi unggulan juga?

“Kalau dibandingkan dengan yang dulu, budget sudah naik, sehingga bisa berpromosi menggunakan saluran global,” tutur Menpar Arief Yahya, yang enggan menjawab pertanyaan, apakah angka kenaikannya signifikan? Atau minimal bisa bersaing dengan kompetitor, Malaysia, Thailand dan Singapore?

Demi merealisasikan kebijakan tersebut, Presiden Joko Widodo bahkan telah mengunjungi sejumlah daerah di Indonesia, yang dinilai memiliki potensi wisata yang besar. Kunjungan tersebut juga bertujuan untuk menunjukkan keseriusan Presiden dalam membangun komitmen untuk memajukan industri pariwisata Indonesia.  

“Sangat commited! Presiden Joko Widodo bahkan sudah menginjakkan kaki ke destinasi top di tanah air. Sebut saja: Raja Ampat-Papua, Labuan Bajo-NTT, Lombok-NTB, Borobudur-Jateng, Danau Toba-Sumut, Tanjung Kelayang-Belitung, Tanjung Lesung-Banten, Mandeh-Sumbar, Mentawai-Sumbar, Nias-Sumut, dan lainnya. Itu menunjukkan perhatian yang sangat sangat serius,” pungkas Arief Yahya.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini