TOP TRAVEL 5: Bali Tanpa Alkohol, Wisatawan Mancanegara Mulai Resah!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 17 September 2016 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 17 406 1491761 top-travel-5-bali-tanpa-alkohol-wisatawan-mancanegara-mulai-resah-bMsmT0cgEC.jpg Bali tanpa alkohol, pariwisata Bali resah (Foto: Shutterstock)

INDUSTRI pariwisata Bali kembali memanas. Pemicunya isu Rancangan Undang-Undang terkait larangan peredaran minuman beralkohol, kembali muncul di Pulau Dewata.

Isu ini sebetulnya santer terdengar sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan nomor 6 tahun 2015 lalu.

Di mana pada peraturan tersebut, pemerintah melarang para pedagang eceran termasuk mini market, menjual semua jenis minuman beralkohol golongan A (kurang dari 5 persen).

Belakangan, isu larangan peredaran minuman beralkohol kembali memanas setelah beberapa media asing mengkritisi peraturan tersebut.

Menurut mereka, implikasi dari peraturan ini dapat menghancurkan sektor pariwisata Indonesia di berbagai wilayah, terutama Bali.

“Di daerah pariwisata, minuman beralkohol tidak bisa dipisahkan dari aktivitas wisatawan. Apalagi di Bali yang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara,” tutur I Wayan Puspa Negara, Praktisi Pariwisata Bali, saat dihubungi Okezone via telepon.

Wayan menjelaskan bahwa, pemerintah seharusnya membatasi dan mendeteksi minuman-minuman beralkohol yang tidak memiliki izin resmi, seperti minuman oplosan.

“Sejauh ini belum ada pejabat yang mampu membatasi produksi oplosan, padahal minuman jenis inilah yang kerap menimbulkan korban meninggal,” tambahnya.

Diakui olehnya, sejak isu ini beredar pada 2015 lalu, sejumlah wisatawan asing terutama yang berasal dari Australia, telah menyampaikan ketidaksenangannya atas peraturan terbaru yang ditetapkan oleh Menteri Perdagangan Indonesia, Rachmat Gobel.

“Wisman asal Australia itu paling senang menikmati suasana pantai sambil meminum bir. Mereka sangat menyayangkan peraturan seperti ini berlaku di daerah pariwisata,” pungkas Wayan.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini