Menteri Arief Yahya Disambut Tari Sambot Jame di Aceh

Rayful Mudassir, Jurnalis · Senin 19 September 2016 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 19 406 1492875 menteri-arief-yahya-disambut-tari-sambot-jame-di-aceh-6GNonO9P7Z.jpg Menteri Arief disambut dengan Sambot Jame (Foto: Okezone)

PEMERINTAH Aceh menggelar rapat koordinasi kebudayaan dan pariwisata di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Senin (19/9/2016). Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya yang hadir pada rakor tersebut, disambut dengan Tari Sambot Jame.

Tarian khas Aceh tersebut dipersembahkan kepada tamu undangan sebelum dimulai acara. Hal ini ditujukan untuk memuliakan para tamu dan memperkenalkan Aceh sebagai daerah yang rapah terhadap pendatang.

Secara falsafah tari sambot jame dalam bahasa Aceh atau tarian penyambut tamu ditujukan untuk menghormati tamu. Selain itu tarian yang dibawakan oleh sejumlah penari wanita dengan baju adat Aceh. Mereka juga membawakan sirih yang ditaruh dalam wadah kecil yang dipegang oleh penari.

Kemudian di ujung tarian, para penari turun dari panggung dan mempersembahkan sirih kepada tamu undangan. Mereka menyebar ke seisi ruangan untuk memberikan sirih yang sudah dibawa sebelumnya. Tentu sirih tersebut hanya dibawa terbatas.

Sementara Menteri Arief Yahya juga langsung berdiri didampingi Gubernur Aceh, Zaini Abdullah saat seorang penari sambot jame menyuguhkan sirih kepada pejabat negara itu. Menteri tampak tidak canggung untuk mengambil sirih yang ditawarkan.

Menteri Arief Yahya dijadwalkan berada di Aceh selama dua hari. Selain rapat koordinasi kebudayaan dan pariwisata hari ini, rakor juga dilanjutkan dengan wisata bahari Sabang yang digelar Selasa, 20 September 2016 besok.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini