Share

Liburan ke Luar Negeri, Lakukan Hal Ini!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 26 September 2016 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 26 406 1499184 liburan-ke-luar-negeri-lakukan-hal-ini-JMm1HVzzyP.jpg Liburan ke luar negeri, lakukan ini (Foto: Travelchannel)

LIBURAN ke luar negeri, apalagi jika baru dilakukan sekali bisa saja membingungkan. Untuk itu, ikuti panduan di bawah ini.

Ada beberapa hal yang seharusnya Anda perhatikan sebelum pergi berlibur ke luar negeri. Mulai mempersiapkan salinan dokumen penting hingga mengikuti aturan yang berlaku di sekitar penduduk setempat.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum berlibur ke luar negeri dilansir dari Thirdyearabroad, Senin (26/9/2016):

Ikuti aturan lokal

Setiap negara memiliki aturan berbeda, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jangan pernah mengabaikan sesuatu yang sudah jelas-jelas dilarang penduduk setempat.

Jika mereka meminta untuk tidak memasuki sebuah area, jangan abaikan mereka jika tidak ingin sesuatu tidak diinginkan terjadi pada Anda.

Scan dokumen penting

Jika suatu waktu kehilangan tiket pesawat atau dokumen berharga, scan dokumen sangat penting. Oleh karena itu, usahakan sebelum pergi selalu menyiapkan salinan dokumentasi pribadi. Agar jika Anda kehilangan dokumen, salinan dalam email bisa membantu.

Lakukan pemeriksaan kesehatan

Sebelum bepergian ke luar negeri, lakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi. Apalagi jika negara tujuan liburan Anda dikenal memiliki riwayat virus yang menular.

Pisahkan uang tunai dan berbagai kartu

Simpan uang tunai dan kartu kredit di tempat yang terpisah. Sehingga jika salah satu tas hilang, Anda masih memiliki sesuatu untuk bertahan di luar negeri. Misalnya uang tunai habis dicopet, masih ada kartu kredit yang bisa membuat Anda bertahan.

Jangan berikan data pribadi

Jika ingin membeli sesuatu, pastikan Anda tidak menuliskan nomor kartu kredit. Pilih toko online yang memungkinkan tidak menuliskan data diri dan nomor kartu kredit secara online. Lebih bagus lagi, beli sesuatu menggunakan uang tunai jika harganya cukup murah.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini