Share

Anggaran Dipangkas, Berikut Strategi Baru Menpar Arief Yahya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 406 1501200 anggaran-dipangkas-berikut-strategi-baru-menpar-arief-yahya-1T8I9nndod.jpg Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

KEGIATAN selling Kementerian Pariwisata RI di Prancis, berhasil mendapatkan respons positif. Hasilnya, banyak turis Prancis ke Indonesia.

Dampaknya, sebagian besar wisatawan Negeri Eiffel itu sudah mulai menetapkan Indonesia sebagai destinasi utama mereka.

Sambutan baik ini juga diakui Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ia mengatakan strategi selling missions tersebut akan terus ditingkatkan Kemenpar, mengingat anggaran dana 2017 mendatang, mengalami pemotongan yang cukup besar.

"Ini berita yang sangat bagus dan harus kita pertahankan. Dan untuk kedepannya, kita harus pintar-pintar mencari celah karena uang kita terbatas," tutur Menpar Arief Yahya kepada Okezone di Yudistira Ballroom Patra Jasa Office Tower, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Seperti yang diketahui, Anggaran Kementerian Pariwisata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016 sebesar Rp5,4 triliun. Setelah dilakukan pemotongan, anggaran tersebut tersisa Rp4,2 triliun.

Pemotongan ini berdampak pada strategi yang telah diterapkan Kementerian Pariwisata. Jika komposisi sebelumnya branding sebesar 50 persen, advertising 20 persen, dan selling 30 persen, kini diubah menjadi 20 : 30 : 50 persen.

"Untuk branding, kami hanya akan mengambil momen-momen yang tepat. Contohnya seperti Piala Eropa 2016 kemarin, dan pemasangan digital board di pertandingan bola tertentu," pungkas Arief.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini