Colma, Kota Kecil di California Penuh Jutaan Mayat

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2016 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 04 406 1505737 colma-kota-kecil-di-california-penuh-jutaan-mayat-ZM5SumgFXb.jpg Kota Colma di California (Foto: Odditycentral)

KOTA Colma di California berbeda dengan kota lainnya. Pasalnya, Colma seolah menjadi rumah bagi jutaan mayat.

Di Colma, jumlah orang mati melebihi penduduk yang tinggal di sana dengan perbandingan 1000:1. Dengan luas kota 2 mil persegi atau sekira 3,2 kilometer persegi, hanya 1.700 penduduk yang tercatat tinggal di Colma, sementara orang mati berjumlah 1,5 juta.

Pada tahun 1900, San Francisco sudah dikenal sebagai kota orang mati. Pertambangan emas yang kian meningkat membuat banyak orang dari berbagai negara pergi ke sini untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Namun sayangnya, kehadiran orang-orang tersebut juga membawa penyakit yang kemudian menular dan mematikan.

Para imigran pun membuat 27 pemakaman di sekitar tempat tinggal untuk keluarga mereka. Namun hal ini menimbulkan perdebatan di antara penduduk dan dewan kota.

Kemudian Dewan Pengawas Negara mencoba mengambil tindakan tegas dengan melarang warga melakukan penguburan lebih lanjut di dalam kota dan memaksa mereka melakukan pemakaman ke area yang lebih luas seperti Laurel Hill dan Calvary Cemetery.

Pada 1942, hanya ada dua pemakaman yang ada di San Francisco, yakni San Francisco National Cemetery dan Mission Dolores Cemetery. Namun hingga saat ini, kedua pemakaman tersebut tidak menerima penguburan jasad baru.

Empat dekade kemudian, tepatnya 1892, Uskup Agung Patrick Riordan memutuskan untuk membuat pemakaman baru di lembah yang berjarak lima mil di selatan kota. Sebanyak 150.000 mayat dipindahkan dari San Francisco ke Colma.

Kota kecil Colma pun diberkati sebagai situs pemakaman Katolik baru dan akan menjadi satu-satunya kota di dunia di mana orang mati melebihi jumlah orang yang hidup.

Sepanjang sejarah Colma, kota ini tidak pernah memiliki jumlah penduduk lebih dari orang mati. Diperkirakan 75 mayat datang di Colma setiap harinya.

Saat ini, sekira 1,5 juta orang mati terkubur dalam 17 pemakaman besar. Colma pun mendapat banyak julukan karena hal ini, mulai dari The City of Silent, The City of Souls, dan The City of The Dead. Demikian dilansir Odditycentral, Selasa (4/10/2016).

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini