Ternyata, Anak Penyu Tak Boleh Dipegang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2016 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 06 406 1507828 ternyata-anak-penyu-tak-boleh-dipegang-gOSJsiVK11.jpg Penyu (Foto: Shutterstock)

BANYAK yang belum memahami soal edukasi penyu, termasuk dalam memegang anak penyu. Ternyata, anak penyu tak boleh disentuh lho.

Di beberapa penangkaran penyu di Indonesia menyentuh tukik tidak diperbolehkan. Termasuk di penangkaran penyu yang ada di Turtle Island, Tanjung Benoa, Bali.

Puluhan tukik yang baru menetas diletakkan di dalam satu kolam terpisah dengan penyu dewasa. Ketua Pengelola Pelestarian Penyu di Turtle Island, Ketut Roka mengatakan jika tersentuh sembarang tangan manusia, tukik bisa mati.

"Pengunjung tidak boleh menyentuh tukik karena biasanya di tangan ada sunblock atau minyak tangan. Tukik sangat sensitif, kalau terkena sunblock bisa mati," jelas Roka kepada Okezone di Turtle Island, Tanjung Benoa, Kamis (6/10/2016).

Pemeliharaan penyu dilakukan dengan sangat hati-hati. Selain tamu tak diizinkan untuk menyentuh hewan yang dilindungi pemerintah ini, kebersihan kolam pun dilakukan secara rutin setiap hari.

"Kami harus membersihkan kolam tukik dengan keranjang. Setiap hari airnya harus diganti. Kalau yang besar, dua atau tiga hari harus ganti," ujarnya.

Padatnya kunjungan wisatawan sangat positif untuk Turtle Island. Namun kepadatan tersebut justru membuat para tukik rentan disentuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, disediakan beberapa staf yang bertugas memandu setiap wisatawan yang datang.

Biasanya, setiap rombongan dengan tiga orang akan didampingi oleh satu orang staf. Tetapi jika jumlah dalam satu rombongan lebih besar, staf yang akan memandu pun lebih banyak.

"Pengunjung harus dijaga, diberi panduan dari staf di sini supaya tidak sembarangan ambil dan sentuh, juga takut dibanting. Makanya, Setiap tamu yang datang pasti dipandu staf," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini