Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Mongolia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2016 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 06 406 1508068 jejak-kaki-dinosaurus-ditemukan-di-mongolia-OiyWtXts1b.jpg Jejak kaki dinosaurus (Foto: Lonelyplanet)

ILMUWAN Jepang dan Mongolia, baru-baru ini berhasil menemukan sebuah jejak kaki dinosaurus terbesar dalam sejarah.

Jejak kaki tersebut diklaim berasal dari spesies titanosaur yang disinyalir pernah hidup di kawasan Gurun Gobi, di Mongolia.

Fosil yang ditemukan oleh sekelompok arkeolog asal Jepang dan Mongolia ini, dilaporkan berukuran sebesar manusia dewasa, dimana panjangnya mencapai 106 cm dan lebarnya 77 cm.

Dilansir Lonelyplanet, Kamis (6/10/2016), para arkeolog menemukan jejak kaki dinosaurus itu ketika melakukan ekspedisi di kawasan Gurun Gobi. Mereka mengidentifikasi bahwa fosil tersebut telah berumur 70-90 juta tahun.

Sebuah pernyataan dari Okayama University of Sains menggambarkan bahwa, fosil ini merupakan "penemuan yang sangat langka." Ia menambahkan, ukuran yang sangat besar, serta kondisi fosilnya sangat terpelihara dengan baik memberikan kontribusi untuk nilainya.

Melihat dari ukuran tapak kakinya yang sangat besar, para arkeolog memperkirakan bahwa fosil ini berasal dari dinosaurus berukuran sekitar 30 meter dan 20 meter.

Dinosaurus itu menginjak tanah berlumpur, yang kemudian dialiri pasir gurun sehingga membentuk tanda khas.

Seorang Profesor Paleontologi, Shinobu Ishigaki mengatakan kepada Japan Times bahwa timnya masih melakukan pencarian dengan harapan dapat menemukan sisa-sisa fosil lainnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini