Danau Beratan, Ikon Bali Berbalut Suasana Puncak

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2016 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 08 406 1509708 danau-beratan-ikon-bali-berbalut-suasana-puncak-cm6rMacJnB.jpg Danau Beratan di Bali (Foto: Utami Riyani/Okezone)

ANDA pasti sering melihat promosi pariwisata bali dengan ikon pura di tepi danau. Ya, inilah Danau Beratan.

Danau Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Dari Bandara Ngurah Rai, Danau Beratan bisa ditempuh dalam waktu sekira 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Letak Danau Beratan tak jauh dari Kebun Raya Bali. Sehingga suhu udara sama, berkisar 18 - 20 derajat Celsius.

Saat Okezone mengunjungi Danau Beratan, waktu menunjukkan pukul 17.00 WITA. Suhu di luar terasa dingin di kulit, hampir sama seperti cuaca di Puncak, Jawa Barat. Kabut turun menutupi kaki bukit di tepi danau. Permukaan air danau pun hampir tertutup.

Namun kabut saja tidak bisa menutupi keindahan pemandangan di danau ini. Pura Ulun Danu yang berada di danau ini membuat pemandangan semakin menarik.

Pura Ulun Danu inilah yang memberikan warna bagi Danau Beratan. Sebuah ikon yang sering ditampilkan dalam iklan-iklan promosi pariwisata Bali.

Danau Beratan merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Ditambah dengan berbagai macam bunga yang ditanam di tepian danau, pemandangan terlihat sangat sempurna jika saja cuaca lebih cerah.

Namun, Danau Beratan tak hanya menawarkan pemandangan indah saja, melainkan permainan air yang menarik.

Mulai dari naik perahu, hingga naik sarana permainan air menggunakan perahu berbentuk bebek untuk mengelilingi Danau Beratan.

Pengunjung juga tak perlu cemas akan fasilitas yang disediakan di Desa Tujuan Wisata Candikuning ini. Mulai dari toilet yang bersih, hingga taman bermain anak-anak.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini