Share

Pencinta Sepeda Curcol soal Jalanan di Jakarta

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2016 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 08 406 1509721 pencinta-sepeda-curcol-soal-jalanan-di-jakarta-oOt5XpQfyo.jpg Curahan hati pencinta sepeda soal jalanan di Jakarta (Foto: Shutterstock)

MENYANDANG predikat kota metropolitan, Jakarta memiliki ‘pekerjaan rumah’ yang harus dibenahi. Termasuk sistem transportasi sepeda.

Belakangan ini, Pemprov DKI Jakarta sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan kepada masyarakatnya untuk menggunakan kendaraan umum, seperti busway dan kereta api.

Tujuannya, tentu saja untuk mengurangi tingkat kemacetan yang hingga saat ini belum ditemukan solusinya. Bahkan, program bike to work serta gerakan sepeda sehat juga dianggap tidak maksimal.

"Fasilitas untuk para pengguna sepeda di Jakarta itu masih sangat kurang. Contoh kecilnya adalah jalur khusus sepeda. Jalur ini masih sangat sedikit dan belum merata di seluruh kawasan ibukota," tutur Azwar Hadi Kusuma, Founder IDF kepada Okezone, di Gedung iNews Lantai 12, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (9/10/2016).

Ia menambahkan, pemerintah seharusnya membuat kebijakan yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pengguna jalan lainnya.

"Tidak usah membicarakan fasilitas yang muluk-muluk seperti di Belanda. Di Indonesia, orang-orang masih belum terbiasa untuk "share on the road", respect antar pengguna jalan masih sangat kurang," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini