Kesalahan Ini Membuat Liburan ke Eropa Kurang Memuaskan

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2016 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 10 406 1510662 kesalahan-ini-membuat-liburan-ke-eropa-kurang-memuaskan-V11Oo08cYK.jpg Liburan ke Eropa (foto: Janoka82/iStock/Insider)

LIBURAN ke Eropa yang jauh dari Tanah Air untuk pertama kali tentu perlu persiapan matang. Selain urusan visa dan rencana perjalanan, Anda juga harus memikirkan banyak hal untuk membuat liburan Anda memuaskan.

Berikut adalah beberapa tips yang harus dicatat agar Anda tidak menyesal saat bepergian di Eropa, sebagaimana dilansir dari Insider, Senin (10/10/2016).

1. Hanya menggunakan kartu kredit lama

Carilah kartu kredit terbaik yang bisa Anda bawa untuk transaksi selama liburan di Eropa. Jangan lupa periksa chip kartu kredit Anda! Sistem keamanan kartu kredit atau debit Anda tidak bisa diterima atau dipakai Eropa.

Meminta bantuan pada bank dari kartu kredit Anda untuk mengecek apakah chip bisa dipakai di Eropa dan cari bank-bank internasional besar ketika di Eropa agar tarik tunai di ATM ketika dalam perjalanan dapat berhasil dilakukan.

2. Berpenampilan seperti turis

Berpakaian seperti seorang turis adalah cara termudah untuk menghalangi Anda dan lingkungan Anda. Memang, Anda harus nyaman, tetapi sedikit usaha ekstra bisa membuat Anda lebih menyatu dengan warga lokal di tempat yang Anda kunjungi.

Ini tentu tidak berarti Anda harus membeli sepatu di Duomo, tapi berpakaian seperti ketika Anda pergi ke restoran bagus di waktu yang tepat, tentu akan lebih baik.

3. Mengharapkan roti keranjang dan air putih gratis

Kadang-kadang air yang Anda pesan diberikan secara gratis di restoran atau cafe, tapi jangan heran kalau tidak gratis. Mengeluarkan beberapa euro tidak akan mengurangi banyak uang yang Anda bawa, kecuali jika tabungan Anda sudah benar-benar menipis di akhir liburan.

4. Tidak belajar bahasa dasar yang dipakai di negara yang Anda kunjungi

Memang hampir semua orang di kota-kota besar Eropa bisa berbicara bahasa Inggris, tapi tidak semua daerah menerapkan itu. Setelah Anda mempelajari daerah yang akan Anda kunjungi, jika memang ada bahasa asing yang harus Anda kuasai, belajarlah sedikit kalimat atau kata dasar yang akan banyak membantu Anda.

5. Membawa koper yang sulit Anda bawa

Koper raksasa yang berat hanya akan menyiksa Anda selama liburan di Eropa. Meski Anda bisa memasukkannya ke bagasi pesawat, Anda harus sadar ada risiko Anda untuk membawa bawaan Anda sepanjang waktu sebelum mencapai penginapan.

Sering kali, ketika Anda memilih maskapai untuk cepat dan murah pergi dari satu negara ke negara lain, semakin besar barang bawaan Anda maka akan semakin besar biaya yang dikenakan untuk setiap kelebihan muatan. Jadi pertimbangkan untuk hanya membawa sedikit barang.

6. Memilih tinggal di hotel jaringan internasional

Di Eropa Anda mungkin hanya akan tinggal di Hotel Marriott dan melewatkan karakter bangunan atau tempat tinggal yang khas di masing-masing kota Eropa. Lebih baik pilih hotel yang dikelola keluarga dan menginap di tempat tinggal orang lokal yang bisa Anda dapatkan di banyak situs.

Dengan demikian, Anda akan bisa merasakan gaya hidup penduduk setempat, sarapan terbaik masyarakat lokal dengan kue-kue lezat, roti, keju, dan informasi tentang kemacetan atau jarak tempuh menuju destinasi berikutnya di Eropa. (fid)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini