Wow, Jalur Sepeda di Polandia Glow In The Dark

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2016 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 11 406 1511862 wow-jalur-sepeda-di-polandia-glow-in-the-dark-X80spk9XqS.jpg Jalur Sepeda di Polandia Glow In The Dark (foto: Dailymail)

MENGENDARAI sepeda di malam hari bisa membahayakan. Tapi, ketika Anda bersepeda di Polandia, jalur sepeda di sana dapat menyala dalam gelap (glow in the dark), sehingga bisa memberi bantuan.

Dilansir dari Dailymail, Selasa (11/10/2016), ilmuwan dari perusahaan teknologi TPA Instytut Badan Technicznych Sp. z o.o. baru-baru ini memasangkan ribuan kristal fosfor berlapis yang memancarkan cahaya setelah terpapar matahari.

Foto peluncuran jalanan bersepeda bersebelahan dengan jalan pejalan kaki yang memancarkan cahaya biru di malam hari telah beredar. Dalam uji coba, jalur sepeda nyala dalam gelap baru dibuat sepanjang 100 meter di sebuah taman dekat kota Lidzbark Warminski, di utara Polandia.

Presiden TPA, Igor Ruttmar, mengatakan bahan yang digunakan dapat menghasilkan cahaya selama lebih dari sepuluh jam. Insinyur rupanya memilih warna biru untuk jalan karena mereka pikir itu yang paling pas untuk landskap.

Desainer sendiri terinspirasi oleh jalur sepeda bertenaga surya serupa di Belanda yang dikenal sebagai jalur sepeda Starry Night. Teknologi tersebut diterapkan Belanda pada jalan sepanjang 0,6 mil dan diresmikan dua tahun lalu untuk merayakan 125 tahun kematian Vincent van Gogh.

Meskipun jalur biru di Polandia lebih aman daripada jalan konvensional, jalan tersebut secara signifikan lebih mahal untuk diinstal dan para kontraktor kini meneliti berbagai cara untuk menurunkan biaya produksi sehingga teknologi dapat lebih meluas.

(fid)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini