Simak Fakta Mencengangkan Tentang Taj Mahal

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 22 Oktober 2016 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 406 1521313 simak-fakta-mencengangkan-tentang-taj-mahal-yw8PSPs2qN.jpg Taj Mahal (foto: Foxnews)

TAJ Mahal adalah bangunan simbol cinta sejati antara Shah Jahan dan Mumtaz Mahal. Bangunan yang menjadi salah satu keajaiban dunia ini menjadi daya tarik utama di India.

Dibangun dengan perpaduan arsitektur Islam, Persia dan India, Taj Mahal masih memiliki pesona sampai sekarang. Namun ada beberapa fakta yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Berikut adalah fakta mencengangkan tentang Taj Mahal dilansir dari Happytrips, Sabtu (22/10/2016):

1. Taj Mahal memiliki replika yang tidak banyak diketahui orang. Satu terletak di Aurangabad, India bernama Bibi Ka Maqbara. Sedangkan satunya lagi bernama Banglar Taj Mahal di Bangladesh.

2. Taj Mahal dibangun untuk memperingati Mumtaz Mahal, istri ketiga dari Shah Jahan. Sebelumnya, Mumtaz Mahal dikenal dengan nama Arjumand Bano Begum.

3. Mumtaz Mahal meninggal ketika melahirkan anak ke-14 dari Shah Jahan.

4. Pembangunan Taj Mahal tak lepas dari bantuan gajah. Sebanyak 1.000 gajah membantu pembangunan Taj Mahal yang dengan mengantarkan bahan konstruksi dari satu tempat ke tempat lain.

5. Taj Mahal dihiasi 28 jenis batu mulia dan semi mulia.

6. Saat bulan purnama, Taj Mahal akan tampak dengan warna berbeda.

7. Di kompleks Taj Mahal, Anda bisa melihat berbagai macam ayat Al Quran yang diukir di berbagai sudut.

8. Di makam Mumtaz Mahal, diukir 99 Asma Allah dengan ukiran kaligrafi yang indah.

9. Bahan untuk membangun Taj Mahal dibawa dari berbagai wilayah dan negara, seperti Punjab, Rajasthan, Afghanistan, Sri Lanka, China, Tibet dan Arab.

10. Legenda mengatakan bahwa Shah Jahan ingin membangun Taj Mahal lain menggunakan marmer hitam tetapi ditentang anaknya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini