Menara Eiffel Jadi Saksi Penangkapan Mata-Mata hingga Bunuh Diri

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 25 Oktober 2016 22:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 406 1524283 menara-eiffel-jadi-saksi-penangkapan-mata-mata-hingga-bunuh-diri-zkNv0jVPUC.jpg Menara Eiffel di Paris, Prancis (foto: iStock)

MENARA Eiffel di Paris dikenal sebagai tempat romantis di dunia. Tetapi beberapa peristiwa memilukan terjadi di menara ini.

Tidak hanya kisah romantis saja yang berhasil diciptakan oleh menara setinggi 300 meter ini. Ikon kota Paris ini juga menjadi saksi penangkapan mata-mata berbahaya hingga menjadi tempat bunuh diri.

Berikut beberapa fakta seputar Menara Eiffel yang memilukan dilansir dari Foxnews, Selasa (25/10/2016):

Membantu penangkapan Mata Hari

Menara Eiffel membantu pemerintah Prancis dalam menangkap mata-mata wanita yang dikenal sebagai Mata Hari. Militer Prancis menggunakan stasiun nirkabel Menara Eiffel untuk mencegat pesan musuh dari Berlin selama Perang Dunia I.

Setelah berhasil membaca pesan tentang Mata Hari, Prancis menangkap, menghukum dan mengeksekusi mati Mata Hari karena bertindak sebagai agen ganda.

Mencoba aksi menantang dari atas sangat berbahaya

Beberapa aksi menantang yang dilakukan dari atas menara ini dapat dibilang gagal total. Meski menggunakan parasut, seorang penjahit Prancis, Franz Reizhelt berusaha terbang dari lantai pertama.

Namun nahas, dirinya malah jatuh dari ketinggian 187 kaki ke tanah. Kemudian 14 tahun selanjutnya, penerbang Leon Collot berusaha menerbangkan pesawat dari bawah menara. Tetapi ia tewas akibat tersangkut dari stasiun nirkabel sehingga jatuh dan terbakar.

Tidak semua usaha bunuh diri berhasil

Meski dianggap sebagai landmark Paris dan menjadi simbol sebuah keromantisan, Menara Eiffel juga menjadi salah satu tempat favorit untuk bunuh diri.

Namun, tidak semua usaha bunuh diri di menara ini berhasil. Tercatat ada sekira 349 kasus bunuh diri yang sukses sejak menara dibangun pada 1889.

Cara yang sering dilakukan oleh orang yang akan bunuh diri di Menara Eiffel adalah menggantung diri atau melompat dari lantai pertama yang berada di ketinggian 57 meter. Tetapi tidak semua orang yang melompat dari lantai pertama ini meninggal.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini