Share

Empat Mata Air Panas di Nagari Pariangan yang Tak Boleh Dilewatkan

Rus Akbar, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2016 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 26 406 1525276 empat-mata-air-panas-di-nagari-pariangan-yang-tak-boleh-dilewatkan-RXgHYq6y41.jpg Tempat Pemandian Air Panas di Nagari Pariangan (Foto: Rus Akbar)

NAGARI Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang terletak di lereng Gunung Marapi memiliki pesona tersendiri, banyak objek wisata yang tersimpan di daerah tersebut.

Nagari ini terletak pada ketinggian 500-900 meter di atas permukaan laut dengan wilayah daerah 17.97 km2. Nagari Pariangan kaya dengan wisata alam dan cagar budaya serta kaya akan nilai-nilai sejarah.

Kalau berkunjung ke daerah tersebut sangat sayang kalau dilewatkan salah satunya adalah pemandian air panas, lokasinya tepatnya di depan Masjid Tuo Ishlah. Tempat mandinya juga tergolong unik, selain ada air panas ada juga air dingin.

“Ada empat tempat pamandian umum di sini (pemandian), satu pemandian khusus perempuan dan tiga pemandian untuk kaum laki-laki,” kata seorang pria yang kocak bernama Amrin Narin (55) kepada Okezone.

Nama pemandian umum Rangek Barang ini khusus untuk kaum perempuan, letaknya di seberang jembatan Masjid Tuo Ishlah. Kemudian Rangek Tujuah Pincuran (tujuh pancuran) khusus ambil wudhu dan mandi ada tujuh pancuran, ketujuhnya ini air hangat dan tujuh pencuran khusus air dingin.

“Jadi kalau terlalu panas bisa mandi di tempat air dingin,” tambah Amrin.

Rangek Tujuah Pincuran merupakan simbol laki-laki di Nagari Pariangan karena sangat jarang bagi laki-laki untuk mandi di rumah dan pemandian ini bisa dikatakan identity sosial dalam bermasyarakat. Lokasi permandian tujuh pencuran ini ini bergonjong seperti Rumah Gadang.

“Ini menjadi identitas bahwa masyarakat Pariangan adalah masyarakat yang menjunjung tinggi adat-istiadatnya,” tuturnya Amrin.

Di atas Rangek Tujuh Pincuran ini ada lagi tempat permandian Rangek Songo, di tempat ini ada berbentuk kolam kecil berdiameter dua meter dengan kedalaman 50 centimeter, airnya lebih panas dari pada di pencuran lainnya, disebelah kolam kecil ada lagi pencuran air dingin.

“Ini juga tempat mandi kaum laki-laki, airnya lebih panas dari pada yang tadi. Pencuran kecil ini adalah air dingin, kalau selesai mandi atau terlalu panas maka bisa mandi memakai air pencuran yang dingin ini,” katanya.

Kemudian permandian Rangek Gaduang ini juga tempat mandi laki-laki, tempat mandi ini hanya memiliki beberapa pencuran dengan air panas dan dingin.

“Ini seperti di hotel ada air dingin ada air panas, namun kelebihan disini kalau sering kita mandi disini bisa seluruh penyakit kulit, kudis, panuan dan kurap bisa sembuh,” tuturnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini