Fakta yang Perlu Anda Ketahui tentang Big Ben di Inggris

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2016 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 406 1526890 fakta-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-big-ben-di-inggris-BxS3k9ktGC.jpg Menara Big Ben (David Henderson/Getty Images)

LONDON memiliki ikon terkenal yang bernama Big Ben. Menara jam besar dengan tinggi 316 kaki tersebut telah dikenal selama berabad-abad melebihi ikon kota lainnya dan salah satu kebanggaan orang-orang Inggris.

Big Ben dibangun dengan cara yang tidak konvensional atau mudah. Mesin uap digunakan untuk membawa bahan bangunan naik melalui pusat menara terbilang maju di zamannya. Selain itu, menara ini terus berdentang melalui banyak periode penting, termasuk Perang Dunia II.

Tak sampai di situ rahasia dari jam besar tersebut, berikut adalah rahasia yang lebih mengejutkan dari Big Ben, seperti dilansir dari Travelandleisure, Jumat (28/10/2016).

Hanya orang Inggris yang bisa ikut tur ke dalam

Siapa pun bisa melihat Big Ben, tapi tur untuk melihat interior Big Ben hanya dibatasi untuk warga Inggris. Kunjungan memang gratis, tapi setiap pengunjung harus disponsori oleh anggota Parlemen di Inggris.

Nama sebenarnya bukan Big Ben

Bangunan ini resminya disebut Menara Elizabeth. Big Ben sendiri mengacu pada bel yang berbobot 16 ton dan setinggi 7 kaki. Nama itu diambil dari nama Sir Benjamin Hall, Komisaris Pekerjaan Umum Kota pertama.

Sekawanan jalak pernah merubah waktu jam

Hanya satu kali dalam sejarah, jam tersebut menunjukkan waktu yang salah. Itu terjadi pada tahun 1949, ketika kawanan jalak mendarat di jarum menit dan membuat waktu lebih lambat empat setengah menit.

Big Ben adalah sebuah karya seni sejati

Masing-masing dari empat wajah jam terbuat dari lebih 312 opal kaca atau 1.248 potongan kaca yang sangat rapuh. Ketika waktunya pemeliharaan, spons dan ember tua digunakan untuk perawatan sekali setiap lima tahun oleh tim pembersih profesional yang memoles setiap inci dari jam tersebut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini