Share

Klenteng Poncowinatan, Tempat Ibadah yang Kerap Jadi Tujuan Wisata di Yogya

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Kamis 10 November 2016 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 10 406 1538111 klenteng-poncowinatan-tempat-ibadah-yang-kerap-jadi-tujuan-wisata-di-yogya-mRryWZdnV2.jpg Klenteng Poncowinatan

YOGYAKARTA - Meski hadir sebagai tempat peribadatan umat Budha, Konghuchu, dan Taoisme, namun keberadaan Klenteng tidak hanya menjadi perhatian bagi pemeluk tiga kepercayaan tersebut.

Masyarakat pemeluk lain, seperti muslim dan Kristen pun tak jarang yang menaruh perhatian dan kegagumannya pada arsitek klenteng yang dipandang sarat unsur budaya.

Sukma Lailli misalnya, Mahasiswa Akademi Keperawatan Yayasan Keperawatan Yogyakarta (YKY) semester I ini di tengah kesibukannya menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu klenteng yang ada di Kota Yogyakarta, yaitu Klenteng Tjien Ling Kiong Poncowinatan. Ia mengaku, tertarik dengan arsitek bangunannya yang menggambarkan gaya Tiongkok kuno.

“Klenteng itu unik dari sisi arsitekturnya. Warnanya identik dengan perpaduan merah dan emas. Lampionnya juga bagus,” katanya, seperti dikutip dari Harianjogja.com, Kamis (10/11/2016).

Awalnya, dia hanya ingin berfoto dari depan klenteng, namun karena diperbolehkan masuk ke Klenteng, ia semakin merasa penasaran dan ingin melihat sampai bagian dalam Klenteng.

Penjaga Klenteng Poncowinatan, Margoutomo mengatakan, Klenteng yang terletak di belakang Pasar Kranggan tersebut memang sering menjadi tempat berkunjung para wisatawan yang hanya ingin sekedar berfoto. Tidak jarang, di antara mereka juga ada yang datang untuk meminta doa.

“Minta doa karena enggak bisa tidur juga ada,” ujar dia.

Namun, ia menyayangkan, karena di antara orang yang datang ke Klenteng, ada sebagian dari mereka yang justru ingin mencari pesugihan. Dari situ ia melihat masih ada masyarakat yang salah menafsirkan keberadaan Klenteng di tengah masyarakat.

Follow Berita Okezone di Google News

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini