Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Luar Negeri

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 13 November 2016 22:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 12 406 1539800 hal-yang-harus-diketahui-sebelum-pindah-ke-luar-negeri-eeQDY1aki8.jpg Ilustrasi Liburan (Foto: Shutterstock)

KETIKA Anda liburan ke luar negeri, Anda mungkin mendapat ide untuk tinggal lama di luar negeri. Di zaman globalisasi dan serba terbuka seperti ini memang kesempatan bisa lebih mudah.

Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan karena pindah keluar negeri tidak semudah melangkahkan kaki untuk berlibur, dikutip dari Travelandleisure, Minggu (13/11/2016).

Dapatkan izin kerja

Untuk tinggal lebih lama di luar negeri, mengandalkan visa wisata saja tidak cukup. Anda perlu memastikan ada pekerjaan yang bisa membiayai kehidupan Anda sehingga izin kerja dan izin tinggal diperlukan.

Akses untuk izin-izin tersebut bervariasi dari satu negara dengan negara lain. Anda perlu banyak-banyak mencari informasi dari situs resmi negara bersangkutan atau berkonsultasi dengan imigran yang telah tinggal di negara tujuan Anda.

Pelajari bahasa setempat

Studi menunjukkan bahwa tekad saja tidak cukup untuk membuat Anda pindah ke luar negeri. Bagaimana pun kemampuan bahasa untuk berkomunikasi sangatlah penting. Kemampuan Anda berkomunikasi akan sangat dibutuhkan untuk bertahan di luar negeri.

Tidak ada yang negara yang sempurna

Jangan selalu berharap bahwa kehidupan di luar negeri akan lebih baik daripada di negeri Anda sendiri. Pindah ke negeri asing akan mempunyai tantangan tersendiri, culture shock, menyesuaikan harapan dengan kenyataan, dan belajar tentang sistem pemerintahan yang sama sekali berbeda bisa menjadi masalah.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini