Mengulik Fasilitas Modern di Bandara Changi Singapura

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 26 November 2016 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 25 406 1551648 mengulik-fasilitas-modern-di-bandara-changi-singapura-EWaeg3UXiG.jpg Bandara Internasional Changi, Singapura (Foto: Awesomecounters)

HAMPIR setiap orang sudah tak asing lagi dengan Bandara Changi Singapura. Bandar udara yang menyandang predikat sebagai ‘Bandara Terbaik di Dunia’ ini memang dikenal dengan fasilitas serta pelayanan yang memberi kenyamanan bagi setiap pengunjungnya.

Sebagai pintu gerbang bagi masuknya masyakarat mancanegara ke Singapura, Bandara Changi bisa dibilang memenuhi syarat sebagai bandara internasional yang lengkap. Segala fasilitas bagi para wisatawan tersedia lengkap dan cukup memudahkan.

Begitu tiba di Bandara Changi Singapura dan selesai melalui proses imigrasi, Anda yang membawa bagasi tak perlu menunggu lama. Jika di bandara Tanah Air Anda akan lebih banyak menunggu pengambilan bagasi di baggage claim, namun tak demikian halnya di Bandara Changi Singapura. Sebab keluar dari proses imigrasi, barang di bagasi sudah lebih dulu menanti Anda.

Petunjuk arah pun tak akan membuat pengunjung bingung, asal Anda cermat dalam membacanya. Di setiap sudut Bandara Changi terdapat aneka brosur yang tersedia. Aneka brosur tersebut berisi informasi tentang Singapura, termasuk tempat-tempat wisata, serta panduan bagi Anda yang ingin mengeksplor Bandara Changi lebih dalam.

“Kami juga menyediakan CEA atau Changi Experience Agents. Mereka umumnya berpakaian rapi dengan blazer dan membawa tablet. Mereka siap membantu para penumpang yang mungkin merasa bingung atau kesulitan. Mereka bisa berbicara dalam bahasa Inggris, Melayu, hingga Tagalog," tutur Dennis Yim, Assistant Vice President Corporate & Marketing Communications Division Changi Airport, yang ditemui Okezone saat bertandang ke Bandara Changi Singapura, baru-baru ini.

Segala informasi yang menjadi panduan pengunjung inilah yang belum banyak ditemukan di bandara Tanah Air. Tak heran, jika banyak wisatawan yang merasa kebingungan dan kesulitan kala tiba di Indonesia lantaran minimnya informasi.

Fasilitas modern dan atraksi menakjubkan

Bicara soal Bandara Changi Singapura, tentu tak dapat terlepas dari ragam fasilitas modern dan atraksi yang siap memanjakan para pengunjung. Kita akan ditawarkan banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan, mulai dari fasilitas untuk relaksasi, aneka hiburan, taman tematik, akses internet gratis, hingga tur kota keliling Singapura. Semua hal tersebut siap mengusir rasa bosan dan lelah saat menunggu masa transit.

Setelah melewati penerbangan jarak jauh, pengunjung dapat berjalan meregangkan kaki dan mendapatkan udara segar di taman tematik indoor dan outdoor yang menenangkan di Bandara Changi Singapura. Terdapat lima taman tematik yang dapat dikunjungi, yakni Taman Kaktus (Terminal 1), Enchanted Garden, Taman Anggrek, dan Taman Bunga Matahari (Terminal 2), serta Taman Kupu-Kupu (Terminal 3).

“Ini sesuai dengan fokus utama kami salah satunya adalah stress-free, menghilangkan stress wisatawan dan penumpang setelah melalui penerbangan yang panjang dan melelahkan. Dengan melihat aneka tanaman dan bunga-bunga hingga gemericik air diharapkan mereka menjadi lebih segar,” papar Dennis.

Mengembalikan rasa segar juga bisa dilakukan dengan bersantai di kolam renang rooftop di Terminal 1 yang menghadap landasan pacu. Wisatawan dan penumpang juga dapat menikmati pijat badan, perawatan manikur dan pedikur atau memotong rambut di lounge. Tak hanya itu, bagi yang ingin beristirahat tanpa harus check-in di hotel transit atau lounge bisa memanfaatkan area tidur bandara. Mesin pijat kaki gratis juga tersedia di setiap terminal untuk mengistirahatkan kaki yang lelah.

Di semua area bandara, pengunjung dapat menikmati karya seni yang ada. Tak hanya mempercantik bagian interior, karya seni yang dirancang memberi sentuhan elegan dan budaya di Bandara Changi Singapura.

Misalnya, patung keluarga yang terdiri atas ibu, ayah, dan anak bayi yang terdapat di Terminal 3 Kedatangan Bandara Changi Singapura. Patung tersebut memberikan arti ‘Welcome Home' yang menyambut masyarakat Singapura. Dengan begitu, masyarakat merasa tiba kembali di rumah mereka.

Beragam hal kecil yang memiliki filosofi berarti tersebut yang mungkin belum terpikirkan oleh pengelola bandara Tanah Air. Interior bangunan hampir tak pernah menyentuh mata pengunjung setiap kali melihatnya.

Selain fasilitas yang memberi kesegaran, aneka fasilitas hiburan juga tak luput hadir di Bandara Changi Singapura. Berbagai hiburan ditawarkan, seperti bioskop 24 jam, stasiun game LAN, Playstation/Xbox, kinect game console, area musik dan ruang televisi. Seluruh fasilitas hiburan dirancang khusus untuk berbagai kalangan, baik tua atau muda, dari orang tua hingga anak-anak.

Bagi penumpang dengan waktu transit lebih dari lima jam, dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti Free Singapore Tour. Tur dua jam ini memberi kesempatan untuk menikmati bangunan ikonik Singapura, seperti The Merlion dan Gardens by The Bay.

Jika menilik kembali fasilitas hiburan di bandara Tanah Air, memang belum ada yang bisa sangat memanjakan pengunjung. Padahal fasilitas hiburan juga penting untuk menghibur serta mengusir rasa bosan dan lelah ketika menunggu jadwal penerbangan atau saat melakukan transit.

Koneksi internet dan tempat mengisi baterai perangkat gawai nyaris ada di setiap sudut Bandara Changi Singapura. Di mana hal ini bertolak belakang dengan bandara di Tanah Air, padahal banyak orang yang kerap menghabiskan waktu memainkan media sosial di gawainya masing-masing.

Kendati demikian, sinyal internet gratis di Bandara Changi beberapa kali menghilang di beberapa titik. Untuk mendapatkannya Anda harus melapor ke bagian tertentu untuk mendapatkan internet gratis kembali selama tiga jam berturut-turut.

Tak sempat belanja oleh-oleh, Bandara Changi Singapura telah menawarkan alternatif lengkap berupa 360 toko ritel dan lebih dari 140 gerai makanan dan minuman di semua terminal. Jejeran toko dengan interior menarik siap memanjakan para penggila belanja.

Sementara, di bandara Tanah Air belum banyak ‘surga’ yang memanjakan para penggila belanja. Beberapa toko souvenir hanya tampil seadanya. Kendati demikian, gerai makanan dan minuman sudah banyak memenuhi bandara di negeri sendiri.

Kehadiran papan performance standards

Soal kenyamanan fasilitas juga menyentuh bagian toilet atau kamar mandi. Jika dibandingkan dengan bandara Tanah Air, kebersihan dan kenyamanan Bandara Changi Singapura patut diacungi jempol. Setiap toilet dilengkapi oleh papan performance standards, di mana para pengunjung diharapkan dapat memberi rangking terkait pelayanan atau kenyamanan yang diberikan oleh staf setempat.

“Ketika Anda memberi rate buruk kepada petugas kebersihan di toilet tersebut, maka pemberitahuan tersebut akan sampai pada atasan mereka. Kemudian, mereka akan dipanggil dan ditegur terkait hal itu. Ini juga berlaku di bagian lain, misalnya bagian imigrasi, jika pelayanan dirasa buruk, petugas juga akan dipanggil,” tutur Dennis.

Dengan segala fasilitas yang memanjakan pengunjung tersebut, tak heran jika Bandara Changi Singapura digadang-gadang sebagai Bandara Terbaik di Dunia. Indonesia pun memiliki potensi yang sama meski belum memiliki kelebihan yang sejajar dengan Bandara Changi Singapura. Namun, bukan tak mungkin suatu hari nanti bandara di Indonesia bisa sama canggihnya dengan Bandara Changi Singapura.

Bandara Changi Singapura buka 24 jam

Bandara Changi Singapura bisa dibilang sebagai bandara yang tak pernah tidur. Buktinya, selama 24 jam penuh setiap fasilitas hingga gerai yang ada selalu hadir dan siap memanjakan para wisatawan dan para penumpang.

Jika dibandingkan dengan bandara di Tanah Air, beberapa gerai justru memilih tutup padahal waktu setempat menunjukkan belum larut malam.

Selain itu, terdapat perbedaan dalam melakukan proses check-in di Bandara Changi Singapura. Di mana Bandara Changi Singapura menawarkan dua cara yang berbeda, yakni fast and seamless time (FAST) check-in untuk para penumpang yang ingin proses lebih cepat, dan bagian check-in yang dilayani oleh petugas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini