Ini Daya Tarik Tiga Objek Wisata Rawan Penyebaran AIDS di Jawa Tengah

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 04 Desember 2016 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 02 406 1557549 ini-daya-tarik-tiga-objek-wisata-rawan-penyebaran-aids-di-jawa-tengah-9MaNmZULVE.jpg Gunung Kemukus (foto: Bramantyo/Okezone)

BERSAMAAN dengan Hari AIDS 1 Desember lalu, Pemerintah Kabupaten Sragen di Jawa Tengah mengumumkan tiga lokasi objek wisata yang diwaspadai sebagai tempat penyebaran penyakit AIDS. Mereka adalah Gunung Kemukus, wisata pemandian air panas Bayanan, dan Pasar Nglangon.

Ketiga objek wisata tersebut sesungguhnya punya daya tarik wisata yang berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Lalu apa saja yang bisa wisatawan temukan ke sana dan apa solusi pemerintah untuk mengembalikan fungsi objek wisata tersebut?

Kompleks Wisata Gunung Kemukus

Objek di kawasan Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah, tersebut awalnya ramai didatangi peziarah Makam Pangeran Samudro. Kemudian objek wisata religi tersebut dilabel negatif setelah terungkapnya praktik ritual seks dan prostitusi yang menjadi ladang penyebaran HIV/AIDS.

Ritual seks di Gunung Kemukus bermula karena peziarah memercayai mitos bahwa berkah bisa didapat peziarah makam setelah melakukan hubungan seks dengan orang yang bukan pasangan resminya di lokasi tersebut.

Dengan kondisi seperti itu, Penkab Sragen akan mengembalikan Kompleks Wisata Gunung Kemukus sebagai pusat wisata religi dengan mengedepankan kajian agama.

Air panas Bayanan

Dikutip dari Sragenkab, Minggu (4/12/2016), Kabupaten Sragen yang letaknya jauh dari jalur gunung berapi memiliki Sumber Air Panas Alam yang terletak 2 meter di atas sungai yang berada di sebelahnya.

Sumber air panas tersebut terdapat di Dusun Bayanan. Pemandian Air Panas Bayanan merupakan salah satu daerah tujuan wisata minat khusus untuk wisata kesehatan yang dipadukan dengan daya tarik wisata alam atau ekowisata.

Dengan tingginya penyebaran AIDS di objek wisata tersebut, Pemkab mengaku akan memperbaiki citranya dengan mengembalikan Wisata Bayanan sebagai pusat wisata air panas yang sesungguhnya.

Pasar Ngalangon

Pasar Nglangon ditemukan banyak menyumbang pertambahan kasus AIDS karena tingginya praktik prostitusi. Oleh pemerintah setempat, pasar tersebut ke depannya akan dijadikan sebagai pusat jual beli barang antik dan etnik khas Sragen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini