Liburan di Destinasi Asia Ini Hanya Perlu Bawa Rp300 Ribu (Part -II)

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 21 Desember 2016 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 21 406 1572029 liburan-di-destinasi-asia-ini-hanya-perlu-bawa-rp300-ribu-part-ii-OH0DHs6iV0.jpg Luang Prabang, Laos (foto: Chumsak Kanoknan/Getty Images)

SEKIRA 30 persen dari total luas lahan bumi adalah Asia. Bagusnya, benua ini adalah surga wisata bagi banyak penggila jalan di seluruh dunia. Tidak hanya daya tarik budaya dan alamnya, murahnya harga berlibur jadi daya tarik tersendiri.

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan Asia dengan budget benar-benar terbatas, rekomendasi kota-kota berikut di Asia mungkin dapat membantu Anda. Selain Nepal, Vietnam, dan Thailand, berikut adalah daftar kota-kota destinasi wisata dengan biaya per hari yang sangat terjangkau.

Vientiane, Laos

Vientiane adalah satu destinasi murah untuk wisatawan yang ingin menjelajah Asia Tenggara. Kota ini terbilang lebih murah daripada Bangkok, bahkan di puncak musim liburan yang dimulai dari Oktober sampai Februari.

Hidangan lokal seperti nasi dan mie adalah yang termurah untuk budget konsumsi Anda. Seperti dikutip dari blog Bernard The Traveler, Rabu (21/12/2016), Anda bisa memperkiraan biaya liburan di sana sekira Rp274 ribu/hari.

Luang Prabang, Laos

Luang Prabang memiliki baik situs alam dan sejarah menarik. Kota Luang Prabang adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan kota ini terkenal karena banyak kuil dan biara-biara Budha. Setiap pagi, ratusan biksu dari berbagai biara berjalan untuk mengumpulkan sedekah.

Anda bisa menghabiskan biaya di sana, kira-kira Rp312 ribu/hari.

Kolombo, Sri Lanka

Kolombo adalah ibukota dan kota terbesar di Sri Lanka. Sri Lanka sendiri cukup murah dan terbaik dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Namun demikian, destinasi ini tidak kekurangan infrastruktur wisata.

Makanan bisa sangat murah jika Anda makan nasi dan kari seperti kebanyakan penduduk setempat. Peak season mulai dari Natal sampai Maret dengan sebagian besar sisa tahun menjadi musim non-peak season. Perkiraan biaya harian di sana sekitar Rp316 ribu/hari.

Delhi, India

Campuran nuansa kuno dan modern bisa ditemukan di Delhi yang menjadi tempat percampuran budaya dan agama. Ada banyak hal gratis atau murah di sini, tapi Delhi masih relatif lebih mahal dibandingkan dengan daerah lainnya di India.

Puncak musim liburan umumnya berlangsung dari Oktober sampai Maret, sementara pada bukan musim liburan jatuh pada April hingga September. Perkiraan biaya harian di sana adalah sekira Rp322 ribu/hari

Phnom Penh, Kamboja

Keindahan yang membuatnya dijuluki 'Paris dari Timur' sebelum 1970 adalah kota tersembunyi karena sejarah Khmer Merah dan kekejaman genosida. Musim puncak liburan jatuh pada Desember sampai Februari, ditambah lonjakan pengunjung selama liburan Juli dan Agustus.

Adapun perkiraan biaya harian di sana adalah Rp325 ribu/hari

Manila, Filipina

Manila adalah pintu gerbang utama ke banyak destinasi di Filipina. Perpaduan antara situs warisan dunia UNESCO dan arsitektur modern membuatnya digemari traveller. Apalagi sebagian besar tempat wisata di sana gratis atau murah, termasuk biaya transportasi dan makanan.

Setiap harinya, kira-kira Anda bisa menghabiskan biaya sampai Rp332 ribu/hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini