NATAL 2016: Sri Langka Pegang Catatan Pohon Natal Terbesar di Dunia

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 26 Desember 2016 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 26 406 1575775 natal-2016-sri-langka-pegang-catatan-pohon-natal-terbesar-di-dunia-KW6OnI4Fwj.jpg Pohon Natal terbesar di Sri Langka (Foto: News)

SRI Lanka mengumumkan jika pohon natal di sana merupakan konstruksi pohon terbesar dan tertinggi di dunia.

Pohon artifisial tersebut memiliki tinggi 73 meter, dan lebar 18 meter yang terletak di pusat ibukota Colombo. Pohon ini menjadi kebanggaan masyarakat di Sri Lanka sana.

Pohon ini terbuat dari besi dan kawat yang ditutupi dengan plastik dengan satu juta lebih pohon pinus dicat warna merah, emas, hijau, dan silver. 600 ribu lampu LED juga menjadi bintang di pohon.

Hebatnya lagi, pembuatan pohon ini menghabiskan dana sebesar satu milyar yang merupakan dana begitu besar dan menimbulkan kritik dari gereja Katolik di sana. Mereka menilai pohon ini membuang uang, akan lebih baik disumbangkan ke orang yang membutuhkan.

Menanggapi kritik itu, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe menanggapi dengan menyatakan jika uang yang didapatkan bukanlah dari uang umum, melainkan sumbangan dari individual dan perusahaan.

Meski begitu dalam pembuatannya, ratusan pekerja dan volunters berjuang selama empat bulan untuk menaruh pohon tetap selama liburan. Mereka digenjot bekerja selama enam hari di bulan Desember lalu.

Namun, sayangnya Guiness World Records yang menaungi kompetisi terunik di dunia ini, belum mengumumkan jika pohon natal di Sri Langka paling besar. Pasalnya, catatan pertama sedang dipegang perusahaan Tiongkok yang membuat pohon setinggi 55 meter dibentuk seperti tower lampu di Guangzhou tahun lalu.

Sebagaimana dikutip dari News, Senin (26/12/2016), masyarakat di sana akan mempromosikan pohon ini sebagai bentuk toleransi antar suku dan agama di sana. Dikarenakan tahun 2009 perang antar agama baru selesai di sana.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini