Share

Festival-Festival Unik & Menarik di Indonesia Sepanjang 2016

Tentry Yudvi, Jurnalis · Minggu 01 Januari 2017 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 01 406 1580837 festival-festival-unik-menarik-di-indonesia-sepanjang-2016-8Fsb4TJfX9.jpg Festival Asmat ramaikan pariwisata Indonesia 2016 (Foto: Flikrc)

ADA beberapa festival yang digalakan oleh Pemerintah demi meningkatkan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Selain demi meningkatkan pariwisata, festival ini juga mengangkat budaya dan seni untuk tetap melestarikannya di zaman modern ini. Festival budaya juga mengangkat kekayaan alam di sebuah provinsi yang mengagumkan, menarik dan unik.

Penasaran festival apa saja? Berikut rangkuman Okezone.

Festival Budaya Asmat

Suku Asmat di Papua ini merupakan suku yang masih menjalankan tradisi leluhur mereka, dan mereka sudah mengadakan festival budaya sejak tahun 1981 hingga sekarang. Tak heran jika UNESCO menobatkan festival ini sebagai situs warisan dunia.

Dalam festival ini, mereka mengenalkan ragam seni ukiran, patung buatan suku, lomba perahu, ditambah mereka juga akan menari sebagai tradisi khas Asmat.

Festival Perang Pasola, Sumba-NTT

Di Sumba ini, terkenal dengan festival perang Pasola dirayakan untuk menyambut musim panen. Tradisi ini mengharuskan adanya pertumpahan darah dari petarung yang menunggangi kuda, dikarenakan mereka percaya semakin banyak darah maka hasil panen akan semakin banyak.

Biasanya Pasola ini diadakan saat bulan tiga atau seusai musim hujan, dan mereka hanya mempercayakan tanggalan Marapu.

Festival Pancing Bau Nyale, Lombok

Berbeda dengan Sumbawa, di Lombok saat musim Febuari atau maret, sekelompok masyarakat akan mencari Bau Nyale semacam cacing untuk ikan. Kemudian, mereka akan gunakan untuk memancing, dan memasak daun pisang. Acara ini banyak menarik perhatian dunia, dengan keunikannya.

Festival Krakataoa, Lampung

Festival Krakataoa ini merupakan identitas masyarakat Lampung dalam menjalankan tradisi leluhur mereka, dengan mengadakan acara selama tujuh hari. Festival ini sebenarnya diadakan untuk memperingati erupsi dari gunung Krakatoa, di mana di tahun 1883 sekitar 35 ribu orang meninggal saat itu.

Selama festival ini berlangsung, banyak aktivitas olahraga dilakukan di antaranya perlombaan boat.

Festival Pemakanan Tana Toraja

Budaya dan tradisi pemakanan yang unik di Tana Toraja selalu menjadi sorotan di kalangan traveler. Dalam acara pemakaman ini mereka akan melakukan pembersihan mayat dengan mengganti segala atribut yang melekat di tubuh mereka. Biasanya ini dilakukan pada April.

Festival Teluk Kendari

Nah, Sulawesi Tenggara setiap bulan April, masyarakat akan mengadakan acara festival teluk Kendari. Acara ini menampilkan lomba perahu dari mulai menghias dan mengadu kecepatan.

Festival Raja Ampat

Raja Ampat memiliki sumber kekayaan alam yang luar biasa, dan pemerintah belakangan ini mempromosikannya dengan mengadakan festival Raja Ampat menjelang akhir tahun. Di sini, ada lomba menghias perahu, tarian, serta makanan khas di sana.

Festival Crossborder Atambua

Kota Atambua yang berdekatan dengan Timor Leste memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk mengadakan festival budaya, Dan, saat itu orang Timor Leste bisa berkunjung ke Indonesia, dan menikmati sajian festivalnya.

Festival Jailolo

Dalam kesempatan ini, masyarakat di Halmahera, Maluku mengadakan acara Festival Jailolo untuk mengangkat budaya dan keindahan alamnya. Di sana ada lomba menghias perahu, hingga menyajikan kekayaan rempah yang mereka miliki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini