Belajar dari Musibah KM Zahro, Ini Tips Penyelamatan Diri saat Terjadi Kecelakaan Kapal Laut

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 03 Januari 2017 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 03 406 1582243 belajar-dari-musibah-km-zahro-ini-tips-penyelamatan-diri-saat-terjadi-kecelakaan-kapal-laut-vNI1CnqZHQ.jpg KM Zahro Express (foto: M Agung Rajasa/Antara)

KEBAKARAN yang memakan korban dan trauma bagi penumpang Kapal Motor (KM) Zahro Express kiranya membuat kita harus lebih waspada. Kesalahan teknis yang dapat menyebabkan kecelakaan harusnya bisa diprediksi tiap kali kita akan melakukan perjalanan liburan.

Seperti apa antisipasi dan langkah penyelamatan diri yang bisa kita pelajari dari kasus KM Zahro Express tersebut? Berikut beberapa tipsnya, yang dikumpulkan oleh Okezone dari berbagai sumber.

Curiga jika kapal tidak beres

(foto: Christopher Furlong/Getty Images)

Ramainya minat wisata ke Kepulauan Seribu membuat banyak operator atau penyedia kapal berebut menarik penumpang tanpa memerhatikan keamanan. Cara penarikan ongkos transportasi yang tidak bertiket sampai jumlah penumpang yang dipaksakan melebihi batas harus dicurigakan.

Sebelum berangkat, lebih baik mencari tahu rekomendasi transportasi yang aman atau dapat dipercaya, seperti dari internet dan info langsung dari wisatawan. Memanfaatkan moda resmi yang disediakan PT Pelni juga bisa jadi pilihan yang aman.

Cari tahu di mana jaket pelampung penumpang

(foto: Bloomsbury)

Kapal yang kredibel seharusnya menyediakan life jacket atau jaket pelampung sesuai kapasitas penumpang. Penumpang seharusnya bisa menemukan benda itu dengan mudah atau bisa ditanyakan terlebih dulu di mana jaket pelampung disimpan.

Jaket bisa saja sudah dikenakan saat kapal berjalan. Seperti dilansir dari Onweather, untuk menjaga keamanan, jangan biarkan siapa pun duduk di titik yang tidak dirancang untuk diduduki.

Ini cara selamat diri dari api

(foto: havariekommando/getty Images)

Kebakaran di kapal adalah bencana yang mengancam jiwa. Selain tahu di mana jaket pelampung berada, tahu di mana alat pemadam kebakaran disimpan di atas kapal adalah hal yang perlu Anda pelajari sebelum kapal berangkat.

Jika kebakaran terjadi, pastikan Anda atau penumpang lain menjauh dari titik api dan masing-masing mendapat jaket pengaman. Dikutip dari CNN, buat panggilan darurat dan bersiaplah untuk meninggalkan kapal untuk menghindari bahaya lanjut.

Melawan api dengan alat pemadam juga menjadi hal yang penting dilakukan pertama. Lakukan dengan memadamkan api dari bawah ke atas dan membuat daerah yang terbakar tidak dipadati oleh penumpang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini