Share

Tradisi Unik Berbagai Bangsa dalam Menyambut 2017

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 05 Januari 2017 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 04 406 1583239 tradisi-unik-berbagai-bangsa-dalam-menyambut-2017-WxQ0kSp7In.jpg Berbagi Batu Bara, Tradisi Khas Skotlandia di Tahun Baru (Foto: Getty Images)

TAHUN baru Masehi tidak hanya disambut dengan pesta meriah dan kembang api di malam pergantian baru. Beberapa bangsa di berbagai belahan negara di dunia memiliki tradisi unik dengan harapan tahun baru membawa keberuntungan bagi mereka.

Apa saja bentuk tradisi-tradisi unik tersebut, berikut di antaranya, seperti dilansir dari Metro, Rabu (4/1/2017).

Telan 12 buah anggur di Spanyol

Pada tengah malam pergantian tahun, sebagian orang Spanyol akan bersenang-senang dengan memasukkan anggur ke dalam mulut mereka. Saat lonceng jam 12 malam berbunyi, mereka akan memasukkan anggur satu per satu ke dalam mulut bersamaan dengan bunyi setiap gong.

Menurut legenda, masing-masing dari 12 buah anggur menandakan satu bulan di tahun mendatang. Jadi jika Anda berhasil menyelesaikan tantangan, Anda akan melihat sebuah tahun yang beruntung dan sukses ke depan. Jika tidak, setidaknya Anda bisa terhibur sepanjang tantangan tersebut.

Memberi hadiah sebongkah batu bara di Skotlandia

(foto: Getty Images)

Bukan sebongkah berlian yang bisa memberi kebahagiaan bagi warga Skotlandia, melainkan sekedar sebongkah batu bara. Sebagai bagian dari perayaan Hogmanay, ada keyakinan bahwa orang pertama yang datang ke rumah orang lain setelah tengah malam harus memberi hadiah sebongkah batu bara.

Batu bara ini kemungkinan untuk menyalakan perapian di rumah penerima tamu. Selain itu, idealnya, ini akan disertai dengan barang-barang seperti garam, kue, roti hitam, dan wiski. Tradisi diharapkan akan membawa nasib baik ke rumah yang didatangi.

Meramal masa depan di Finlandia

Di negeri tetangga viking ini, meramal masa depan adalah kegiatan populer untuk malam tahun baru. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan melempar timah. Setiap orang diberi sebongkah kecil timah berbentuk tapal kuda untuk keberuntungan.

Timah kemudian dilebur dan dengan cepat dibuang ke dalam seember air dingin. Bentuk yang dihasilkan kemudian diinterpretasikan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di tahun mendatang.

Membuang barang lama di Afrika Selatan

(foto: Getty Images)

Setelah tahun baru, Anda akan menemukan banyak sampah furnitur dibuang dari rumah-rumah di Johannesburg. Ini adalah tradisi penduduk setempat untuk memulai tahun baru.

Sayangnya, praktek itu telah dilarang dan polisi sering berpatroli di jalan-jalan untuk menangkap mereka yang membuang sampah ke luar rumah.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini