Tips Penyelamatan Diri ketika Kapal Tenggelam

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2017 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 10 406 1587508 tips-penyelamatan-diri-ketika-kapal-tenggelam-IBX2QbscrY.jpg Ilustrasi Kapal Tenggelam (foto: Bloomsbury)

BERLAYAR menggunakan kapal menjadi tren di tahun 2017 ini. Kemudahan serta kemurahan paket perjalanan menarik antusias banyak wisatawan.

Meski begitu, Anda juga harus mewaspadai kecelakaan yang mungkin terjadi saat menggunakan kapal, seperti kejadian musibah KM Zahro Express beberapa waktu silam.

Kuncinya adalah tetap tenang dan jangan panik, semua bisa diatasi selama memahami kondisi dan situasi ketika kapal mengalami kecelakaan baik itu terbakar ataupun tenggelam.

Untuk menjaga keselamatan selama berlayar, berikut panduan penyelamatan diri sebagaimana dikutip dari travelinsurancereview, Selasa (10/1/2017).

Tetap tenang

Dalam menghadapi situasi genting, Anda diharuskan menenangkan diri sendiri dan jangan terpengaruh dengan kepanikan orang lain.

Jika panik, Anda akan membuat banyak orang khawatir dan bahkan tak sedikit kepanikan memakan korban juga. Ingat, kapal besar akan memakan waktu lebih lama saat tenggelam sehingga waktu untuk tenang lebih banyak.

Hindari sistem elektronik

Hal penting yang harus dicatat ialah menghindari sistem elektronik seperti lift. Lebih baik Anda menggunakan tangga darurat dan segera menuju ke kapal penyelamat.

Gunakan jaket penyelamat atau pelampung

Semua kapal internasional menyediakan jaket penyelamat atau pelampung yang banyak, sehingga Anda tak perlu khawatir dengan habisnya jaket. Setelah menggunakan jaket Anda harus pergi ke kapal kecil penyelamat dan segeralah menyelamatkan diri Anda.

Antisipasi barang jatuh

Kapal tenggelam akan jatuh miring, sehingga barang-barang akan berjatuhan mengikuti arah kapal. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan barang yang berjatuhan, dan juga hindari deck kapal.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini