Desa Sade Lombok, Tempat Belajar dan Melihat Tradisi Asli Sasak

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 23 Januari 2017 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 23 406 1598697 desa-sade-lombok-tempat-belajar-dan-melihat-tradisi-asli-sasak-nXumr8jJai.jpg Desa Sade Lombok (Foto: Travelling the world)

SUKU Sasak yang menjadi suku asli di Pulau Lombok di antaranya dapat ditemui di Desa Sade. Desa yang menjadi pemberhentian wajib saat liburan di Lombok ini memiliki banyak keunikan yang bisa dilihat sekaligus dipelajari.

Dusun yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tersebut masih mempertahankan adat istiadat suku mereka, sehingga kini dijadikan desa wisata oleh pemerintah setempat. Sekira 150 kepala keluarga ada di sana setelah ditempati 15 generasi.

Yang masih bertahan hingga kini di sana adalah peninggalan rumah-rumah nenek moyang mereka. Rumah tinggal yang disebut Bale Tani tersebut berbentuk rumah panggung yang berdinding anyaman bambu dan beratapkan daun alang-alang.

Setelah keunikan bangunan, wisatawan yang mampir ke perkampungan ini juga bisa melihat langsung para perempuan menenun kain, yang menjadi pekerjaan sampingan selain bertani. Kebanyakan dari berbagai hasil tenun mereka dibuat untuk dijual kepada wisatawan.

Selain materi fisik, pengunjung juga bisa mencari tahu adat istiadat Suku Sasak yang unik. Seperti perkawinan sesama sepupu dan tradisi Kawin Culik. Adat pernikahan tersebut melarang keras adanya prosesi lamaran atau tunangan seperti layaknya pra pernikahan pada umumnya.

Para pengunjung pun bisa bebas berfoto atau mencoba menggunakan pakaian tradisional dengan latar rumah Bale Tani tersebut di samping berbelanja.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini