Berpetualang ke Kawah Sikidang Dieng, Yuk!

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 02 406 1608031 berpetualang-ke-kawah-sikidang-dieng-yuk-kGcFHDA0B5.JPG Kawah Sikidang Dieng (foto: Instagram/@monayuliae)

KAWAH Sikidang Dieng terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang masih aktif. Tapi kenapa dinamakan Sikidang Dieng ya?

Dinamakan Kawah Sikidang karena kawah utamanya selalu berpindah-pindah tempat dari satu titik ke titik lainnya sehingga hanya ada satu kawah utama yang bisa ditemukan di sana. Begitulah penjelasan singkat dari akun Instagram @tukang_jalan.

Kawah Sikidang Dieng terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang masih aktif. Dinamakan Kawah Sikidang karena kawah utamanya selalu berpindah-pindah tempat dari satu titik ke titik lainnya sehingga hanya ada satu kawah utama yang bisa ditemukan disana. Itulah sebabnya kawah Sikidang menjadi salah satu dari banyak kawah di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling diminati. . . . Next Trip Dieng Plateu, Negeri di Atas Awan. Tgl 24 - 26 Februari 2017 Hanya Rp 565,000/pax Meeting Point : Plaza Semanggi, Pkl. 19:00 . . . For details / reservation / private trip arrangement please mail to [email protected] or visit our website www.tukangjalan.com Whatsapp 085810697553 / 087808116852 Line : @tukangjalan Ig : @tukang_jalan Twitter : @tukang_jalan #dieng #diengwonosobo #tukangjalantrip #tukangjalan #Tukang_Jalan #explorenusantara #PesonaIndonesia #indonesiajuara #telagawarnadieng #baturapanangin #sikunir #puncaksikunir #wisatawonosobo #explorediengplateau #opentripdieng #travelling #tour #liburanmurah #travel #travellingram #travelphotography

Foto kiriman Tukang Jalan (@tukang_jalan) pada Peb 1, 2017 pada 8:01 PST

Di antara kawah-kawah lainnya di Dieng, Kawah Sikidang adalah yang paling mudah dicapai dan dinikmati karena terletak di tanah datar dan tak perlu capek mendaki. Kawah Sikidang Dieng terkenal dengan fenomena kolam kawahnya yang dapat berpindah di satu kawasan yang cukup luas.

Itulah sebabnya Kawah Sikidang menjadi salah satu dari banyak kawah di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling diminati. Tiap minggu wisatawan berbondong-bondong menyaksikan aktivitas vulkanik yang dengan mudah bisa disaksikan langsung.

Tahukah Anda mengapa kawah Sikidang bisa berpindah-pindah?

Dilansir dari berbagai sumber, Kawah Sikidang ternyata terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng sejak bertahun-tahun lalu. Hingga kini kawah ini masih aktif, makanya jika Anda mengunjungi kawah Anda akan melihat aktivitas gunung berapi berupa lumpur vulkanik yang meletup-letup disertai gas beracun yang mengepul berbentuk asap putih yang pekat.

Kawah ini sangat fenomenal. Rata-rata sekali dalam 4 tahun, kolam kawah akan berpindah seperti karakter hewan kidang (kijang dalam bahasa Jawa) yang suka melompat. Itulah yang menjadi asal usul kenapa kawah ini dinamakan Kawah Sikidang.

Untuk mencapai Kawah Sikidang Anda dapat mendatangi Wonosobo dan tepatnya dekat dengan Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima.

Harga tiket masuknya pun tidak mahal. Anda cukup membeli tiket terusan dari obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima sebesar Rp10.000,-. Kawah Sikidang sendiri dibuka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini