Jalan-Jalan ke Madura, Jangan Lupa Mampir ke Bukit Palalangan!

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 06 Februari 2017 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 06 406 1610437 jalan-jalan-ke-madura-jangan-lupa-mampir-ke-bukit-palalangan-L8puBaOPuf.JPG Bukit Palalangan, Madura (foto: Instagram/@yim_ibnoe)

DESTINASI wisata di Madura semakin disorot wisatawan nusantara dan juga asing, karena di sana banyak bukit kapur yang ciamik untuk dijadikan tempat berpetualang.

Jika Anda jalan-jalan ke Madura, jangan lupa mampir ke bukit kapur di kawasan Arosbaya, Bangkalan, Madura bernama Bukit Palalangan. Anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah, di mana warna putih bercampur cokelat melekat di tebing-tebing kapur.

Tak hanya itu, bukit tersebut juga punya banyak pemandangam indah dari dedaunan serta rumput yang menghiasi tebing-tebing di sana. Sehingga ketika ditelusuri mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangam cantik dan natural.

Bukit kapur berlokasi di Wisata Alam Batu Kapur Jaddih-Socah. Selain bisa ke Bukit Palalangan, Anda juga bisa melipir dan berfoto-foto di Bukit Kapur Jaddih.

Di bukit Kapur Jaddih ada tebing dengan struktur pasir berwarna putih, sehingga Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berwisata ke Yunani. Eksotisme pasir juga membuat foto semakin ciamik, ditambah di sana ada juga kolam cantik berwana hijau.

Tilik saja salah satu foto yang diunggah oleh pemilik akun instagram @inayimoet, terlihat sekali betapa indah bukit tersebut. Berdasarkan penuturannya, bukit kapur paling indah saat siang hari, dan ketika matahari sedang terang.

. ⭐Your Travel Reference⭐ . 📌 BUKIT PELALANGAN, BANGKALAN - MADURA . 📷 by @inayimoet . . Atau Bukit Arosbaya adalah bekas tambang batu kapur yang telah lama ada dan sampai sekarang dijadikan warga sekitar untuk menambang batu bahan bangunan. Sisa pahatan tidak sengaja membentuk sebuah relief yang ciamik. Warna Bukit Pelalangan berbeda dengan bukit lainnya, bukitnya berwarna emas kecoklatan. Walaupun Bukit Pelalangan Arosbaya merupakan bukit tambang batu kapur, bukan berarti tempat ini panas, justru sebaliknya. Di Bukit Pelalangan ini ditumbuhi banyak tumbuhan paku dan dikelilingi pepohonan rindang yang sangat sejuk. Bukit ini berada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan - Madura. . . AKSES . Dari Kota Bangkalan kemudian kecamatan Arosbaya. Setelah tiba di Arosbaya ikuti petunjuk jalan menuju Pesarean Aermata di Arosbaya. Semua orang pasti sudah tau lokasi ini, karena Pesarean Aermata adalah makam raja-raja Madura jaman dahulu yang hingga sekarang masih dikeramatkan dan hormati. Nah kalo sudah sampai di gerbang pesarean lihat di sebelah kanan, ada jalan yang sangat kecil, hanya cukup untuk 1mobil saja. Masuk saja ke jalan itu menembus rumah penduduk sampai keluar ke semak-semak tidak lama sudah kelihatan tambang kapurnya disebelah kanan. . . TIPS. . ¤ Datanglah saat matahari masih bersinar, cahaya matahari yang menyorot ke batu sangat berperan memberikan tekstur 3D, jadi dinding batu tampak berkilau kemerahan dengan relief yang tampak unik. Jangan lupa bawa balik sampahnya & antivandalisme gaess.. Selamat traveling!!! . . Let’s share the beauty of Indonesia with us. Use official hastag on your photo/video to be featured #indonesiaparadise . . #bukitpelalangan #bukitarosbaya #indonesiaparadiseBUKIT #indonesiaparadiseBANGKALAN #indonesiaparadiseMADURA

Foto kiriman #Indonesiaparadise (@indonesia_paradise) pada Jan 28, 2017 pada 3:44 PST

Jika tertarik untuk berkunjung, Anda bisa berangkat menuju Kota Bangkalan, kemudian ke Kecamatan Arosbaya. Lalu, ketika tiba di Pasarean Aermata, belok ke kanan dan melewati rumah penduduk baru sampai di sini.

Selain bisa berwisata ke bukit kapur, Anda juga bisa pergi ke Pasarean Aermata, lokasi ini menghadirkan makam-makam para Raja Madura zaman dulu, dan menjadi makam keramat. Lokasinya tak jauh dari bukit kapur ini.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini