Keren, Berburu Harta Karun di Pulau Weh Aceh

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 14 406 1618422 keren-berburu-harta-karun-di-pulau-weh-aceh-nTxWg0RTT2.jpg Pulau Weh Aceh (Foto: Instagram/Ayodolan)

SISA peninggalan penjajahan Belanda dan Jepang tak hanya ada di museum saja, tetapi juga ada di bawah laut beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya, di perairan pulau Weh, Aceh.

Jika berkesempatan untuk menyambangi Pulau Weh, jangan lupa untuk rasakan berpetualang melihat wreck ship atau kapal karang di sana. Banyak "harta karun" yang bisa ditemukan.

Kapal karang itu merupakan sebuah kapal kargo uap buatan Jerman di 1920, kemudian tenggelam pada masa perang dunia ke II di tahun 1940. Sampai saat ini, pemerintah tetap membiarkan kapal itu di bawah air.

Konon, katanya di kapal karam ini banyak peti emas. Sehingga, pemerintah lebih baik menyimpannya di bawah, dan menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata pulau Weh.

Selain kapal karang, tak jauh dari sana, Anda juga akan menemukan sebuah tank yang berada di Pantai Gapang. Tank ini juga bekas peninggalan perang dunia ke II di mana para penjajah melipir dan merenggut kekuasaan di Indonesia.

Jika Anda tertarik, Anda bisa berwisata menggunakan perahu nelayan yang biasanya disewakan. Harga yang ditawarkan sekitar Rp400 - 800 ribu.

Sementara untuk menyelam Anda butuh lisensi karena untuk bertemu harta karun ini butuh tenaga professional menghindari bahaya yang akan terjadi karena Sophie terletak di 40 meter kedalaman laut.

Anda untuk menyelam setidaknya harus sudah melakukan penyelaman selama 50 kali. Dan, tak cukup membawa satu tabung saja, minimal dua tabung untuk menarik Anda ke bawah dan menemukan kapal cantik ini.

Namun, rasanya tak cukup jika hanya melakukan penyelaman saja. Anda juga wajib banget menelusuri pantai Weh yang sudah terkenal di dunia karena keindahan alamnya. Di sana sudah hanyak home stay yang bisa disewa dari harga Rp258 - 500 ribu. Adapun penginapan hotel bintang lima harga yang ditawarkan sekitar Rp1 - 3 jutaan ke atas. Selamat liburan!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini