Berumur 39 Tahun, Ini Asal Usul dan Sejarah Pembangunan Masjid Istiqlal

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Rabu 22 Februari 2017 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 22 406 1625283 berumur-39-tahun-ini-asal-usul-dan-sejarah-pembangunan-masjid-istiqlal-fEwvLSyw1V.jpg Masjid Istiqlal (Foto: Indonesiatravel)

Masjid Istiqlal merupakan masjid andalan Jakarta yang sering didatangi pelancong dari luar kota hingga mancanegara untuk beribadah. Selain itu, mesjid terbesar di Asia Tenggara itu juga menjadi tempat salat Ied oleh beberapa presiden Indonesia.

Mesjid yang berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat ini didirikan pada 1978 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno, pada 22 Febuari.

Nah tepat di hari ini, Rabu 22 Februari 2017 masjid tersebut berumur 39 tahun. Ada hal unik yang perlu diketahui, yaitu orang yang mendesain mesjid tersebut merupakan seorang pemeluk agama kristen bernama Frederich Silaban.

Dia adalah seorang arsitektur dari Sumatera Utara. Saat itu, ide desain terinspirasi dari seorang tokoh pemimpin umat Muslim, KH Wahid Hashim dan pahlawan nasional Indonesia, HOS Cokrominoto.

Sehingga masjid tersebut diberi nama Istiqlal yang memiliki arti sebagai kemerdekaan untuk mengingatkan bangsa Indonesia yang sudah berjuang selama merebut kekusaan penjajahan. Konstruksi yang mengabiskan waktu 17 tahun ini juga di bawah pengawasan Presiden Soekarno.

Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.

Sebenarnya, interiornya sangat simpel, namun bagain luar selalu menarik banyak orang, salah satunya bahkan mantan Presiden Amerika Serikat.

Dalam kunjungan kenegaraan selama 18 jam di Indonesia beberapa waktu lalu, Presiden Obama dan istri Michelle Obama melakukan kunjungan spesial ke Masjid Istiqlal. Dan, Obama mendengarkan ketua pengurus masjid jika saat perayaan Natal, Masjid Istiqlal juga menjadi tempat parkir para jemaat.

Oleh karena itu, sebagaimana dikutip dari Indonesia Travel, Obama menyimbolkan Indonesia dan rakyatnya sebagai simbol dari toleransi beragama yang menginspirasi dunia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini