Dari Gedung Kampus sampai Bioskop, Ini Riwayat Gedung Kesenian Jakarta

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 24 406 1626975 dari-gedung-kampus-sampai-bioskop-ini-riwayat-gedung-kesenian-jakarta-InyuDVi8Vh.jpg Gedung Kesenian Jakarta (foto: Wady/Panoramio)

GEDUNG Kesenian Jakarta (GKJ) adalah salah satu gedung tua yang masih difungsikan hingga sekarang menjadi teater pertunjukkan kesenian. Namun, pada sejarahnya, gedung yang berdiri sejak awal abad ke-19 ini telah dimanfaatkan untuk banyak kepentingan.

Gedung bergaya neo-renaissance ini berlokasi di Jalan Gedung Kesenian No.1, Jakarta Pusat. Ide dari Gubernur Jenderal Belanda, Herman Willem Daendels, ini kemudian direalisasikan oleh Thomas Sramford Raffles dengan nama Theater Schowburg Weltervreden atau Gedung Komedi.

Namun, semenjak Belanda pergi dari tanah Jakarta, gedung ini digunakan untuk banyak fungsi, dari gedung tempat berkumpulnya pejuang muda menjelang kemerdekaan, gedung kampus, sampai bioskop. Berikut kronologi singkat GKJ hingga saat ini.

Tahun 1926

Sebelum masa kemerdekaan, GKJ pernah digunakan sebagai lokasi Kongres Pemoeda yang pertama. Gedung tersebut menjadi tempat berkumpulnya seluruh organisasi pemuda saat itu, seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, dan lainnya.

Tabun 1945

Setelah kemerdekaan Indonesia dirayakan, gedung ini dimanfaatkan Presiden Soekarno sebagai lokasi peresmian Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), tepatnya pada 29 Agustus 1945.

Tahun 1951

Universitas Indonesia yang menjadi universitas tertua di Indonesia juga pernah memanfaatkan gedung ini sebagai tempat kegiatan perguruan tinggi ini, khususnya untuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum.

Tahun 1968

Dikutip dari laman Pemprov DKI Jakarta, GKJ menjadi Bioskop Diana dan kemudian berubah menjadi Bioskop City Theater.

Tahun 1987

GKJ dikembalikan fungsinya menjadi gedung kesenian. Hal ini membuat GKJ direnovasi dan hingga saat ini menjadi lebih baik dengan ruang pertunjukan berukuran 24 x 17,5 meter dan kapasitas penonton hingga 475 orang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini