Share

TOP TRAVEL: Etiket Bersosialisasi dengan Orang Arab Saudi saat Travelling

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 06 Maret 2017 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 06 406 1635809 top-travel-etiket-bersosialisasi-dengan-orang-arab-saudi-saat-travelling-4By2DDyq0G.jpg Ilustrasi Turis Arab (Foto:Muslimvillage)

SELFIE yang dilakukan bersama Raja Salman dalam kunjungan ke Indonesia mungkin bukan hal yang menyalahi etiket, karena telah menjadi cara interaksi yang mendunia. Tapi, saat sedang travelling di Arab Saudi, beberapa etiket berinteraksi dengan warga lokal harus diikuti.

Kerajaan Islam adalah negara Islam yang termasuk paling konservatif dibanding negara-negara Arab di sekelilingnya. Interpretasi ajaran Islam cukup mempengaruhi keseharian masyarakatnya hingga kini, tak terkecuali beberapa budaya leluhur mereka.

Sebelum Anda travelling ke Arab Saudi, Anda harus tahu beberapa etiket dasar untuk berinteraksi dengan masyarakat Saudi, seperti dikutip dari Traveletiquette, Senin (6/3/2017).

Berpakaian tertutup

Baik pria maupun wanita harus memastikan apa yang disebut aurat tertutup. Untuk pria sangat disarankan tidak mengenakan kaus lengan buntung atau celana pendek, sementara traveller wanita menggunakan abaya atau pakaian yang bisa menutup lengan dan kaki dan membawa kain penutup kepala.

Tidak berkumpul dengan lawan jenis

Dalam kehidupan bersosial masyarakat Saudi, pria dan wanita biasa berkumpul secara terpisah, bahkan di acara keluarga sekalipun. Perempuan harus didampingi, biasanya dengan anggota keluarga laki-laki atau suami.

Bersalaman cukup lama

Saat bertemu dengan orang Saudi, berjabat tangan dan mencium pipi adalah hal yang biasa bagi setiap laki-laki di sana. Salam seperti ini, apalagi dengan orang yang penting dan cukup dekat, biasanya berlangsung lebih lama dan lebih dekat.

Bersalaman dengan berdiri lebih dekat, saling membalas salam, berbasa-basi sedikit, dan tidak buru-buru melepas jabatan tangan adalah etiket yang diterima saat laki-laki saling bersalaman di Saudi.

Makan dengan tangan kanan

Menggunakan tangan kiri untuk makan, tanpa sendok, dianggap tidak baik di Saudi. Jika diajak makan di lantai, duduklah dengan menyilangkan atau melipat kaki dan puji tuan rumah atas sajian yang disuguhkan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini