Jalan-Jalan ke Batusangkar, Tak Lengkap Jika Belum Mampir ke Istano Basa Pagaruyung

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 13 406 1641335 jalan-jalan-ke-batusangkar-tak-lengkap-jika-belum-mampir-ke-istano-basa-pagaruyung-L4WQNt6AIq.jpg Istana Pagaruyung, Sumatera Barat (foto: Okezone)

MAMPIR ke Batusangkar di Sumatera Barat, Anda harus sisihkan waktu sebentar untuk menengok Istano Basa Pagaruyung. Ini merupakan obyek wisata populer di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dan merupakan tempat bersejarah yang pernah digunakan keluarga kerajaan Minagkabau.

Meski bukan lagi bangunan asli, karena sempat terbakar pada 1804 dan dibangun lagi pada 1976 di lokasi berbeda, istana baru dibangun dengan menyerupai istana sebenarnya. Istana ini berbentuk seperti rumah gadang, tapi berbeda dengan rumah-rumah tradisional tersebut pada umumnya.

Istana Pagaruyung, Warisan Arsitektur yang Tahan Gempa

Istana ini memiliki tiga tingkat dan berukuran besar, yang ditopang dengan 72 tonggak dan 11 gonjong atau atap yang runcing. Seperti dikutip dari Indonesia Kaya, dinding bangunan istana ini dihiasi ornamen ukiran berwarna-warni yang secara total terdiri dari 58 jenis motif yang berbeda.

Wisatawan bisa melihat kamar-kamar anggota keluarga kerajaan penghuni istana dan tempat aktivitas pemerintahan di tingkat paling bawah. Tingkat dua juga berisi ruangan anggota kerajaan, khususnya yang belum menikah. Sementara di lantai tiga, wisatawan bisa melihat koleksi barang peninggalan zaman kerajaan.

Istana Pagaruyung, Warisan Arsitektur yang Tahan Gempa

Tak hanya diminati turis domestik, Istano Basa Pagaruyung juga kerap dikunjungi wisatawan mancanegara. Sebelum masuk ke istana di kecamatan Tanah Tanjung Emas ini, setiap pengunjung harus berpakaian sopan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini