Yuk Kenali Suku-Suku di Sumatera Selatan (Part-2)

Melly Puspita, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 14 406 1642107 yuk-kenali-suku-suku-di-sumatera-selatan-part-2-KMAhkk2dWs.jpg Ilustrasi Suku di Sumatera Selatan (foto: Melly Puspita/Okezone)

KERAJAAN Sriwijaya yang dahulu berpusat di kawasan Sumatera Selatan memiliki beragam suku. Setidaknya tercatat ada 12 suku yang masih mempertahankan nilai-nilai budaya dan adat istiadatnya di provinsi berjuluk Bumi Sriwijaya itu.

Sebelumnya, sudah dibahas mengenai Suku Komering, Suku Palembang, Suku Gumai, Suku Semendo, Suku Lintang, dan Suku Kayuagung. Kini akan dibahas enam suku lainnya yang ada di Sumatera Selatan.

1. Suku Lematang

Suku ini tinggal di daerah Lematang yang terletak di antara Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat, daerah ini juga berbatasan dengan daerah Kikim dan Enim. Suku ini juga menempati wilayah sepanjang sungai Lematang di sekitar kota Muara Enim dan Kota Prabumulih.

Orang Lematang pun dikenal ramah dan sangat terbuka dalam menyambut setiap pendatang yang ingin mengetahu seluk beluk dan keadaan daerah ataupun budayanya. Mereka juga memiliki rasa kebersamaan yang tinggi dan terbukti dari sikap gotong royong dan tolong menolong bukan hanya kepada masyarakat Lematang sendiri tetapi juga kepada masyarakat luar.

2. Suku Ogan

Suku Ogan terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir. Mereka mendiami tempat di sepanjang aliran sungai Ogan dari Baturaja sampai ke Selapan. Orang Ogan biasanya disebut orang Pagagan, yang mana suku ini terbagi menjadi 3 sub suku yakni Pagagan Ulu, Pagagan ilir dan suku Penesak.

3. Suku Pasemah

Suku Pasemah adalah suku yang mendiami wilayah Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Ogan Komering Ulu, dan sekitar kawasan gunung Dempo. Suku ini pun banyak merantau ke daerah-daerah di Provinsi Bengkulu.

Menurut sejarah, suku ini berasal dari keturunan Raja Darmawijaya (Majapahit) yang menyeberang ke Palembang (Pulau Perca) di mana suku ini tersebar di bukit Barisan khususnya di lereng-lereng. Pasemah sendiri diartikan berasal dari kata Basemah yang berarti berbahasa Melayu.

4. Suku Sekayu

Suku Sekayu terletak di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, yang jika diartikan Suku Sekayu merupakan “Manusia Sungai” dan senang mendirikan rumah-rumah yang langsung berhubungan dengan Sungai Musi.

Tidak seperti suku lainnya yang ada di Indonesia seperti suku Bugis, Minangkabau ataupun Jawa, suku Sekayu jarang berpindah-pindah ke tempat yang jauh. Keinginan untuk lebih maju dan mencari keberuntungan pun mereka lakoni hanya sampai di Ibukota Provinsi.

5. Suku Rawas

Suku ini terletak di wilayah aliran sungai Rawas dan sungai Musi bagian utara, Suku ini menempati wilayah di Kecamatan Rawas Ulu, Rawas Ilir dan Muara Rupit di Kabupaten Musi Rawas utara.

Bahasa Rawas pun masih tergolong ke dalam rumpun Melayu sedangkan wilayah ini banyak terdapat perkebunan karet yang masih dikelola oleh masyarakat sekitar.

6. Suku Banyuasin

Suku ini terutama tinggal di Kabupaten Musi Banyuasin yaitu di Kecamatan Babat Toman, Banyu Lincir dan Banyuasin 2 dan 3. Umumnya mereka tinggal di dataran rendah yang diselingi rawa-rawa dan berada di daerah aliran sungai.

Selain itu juga, mereka pun masih percaya terhadap hal-hal takhyul, tempat keramat dan benda-benda berkekuatan gaib. Mereka juga menjalani beberapa upacara dan pantangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini