Ooh,,,Ini Toh Alasan Kenapa Pesawat Terbang di Ketinggian 35 Ribu Kaki

Tentry Yudvi, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 17 406 1645433 ooh-ini-toh-alasan-kenapa-pesawat-terbang-di-ketinggian-35-ribu-kaki-I4BUDTb2aQ.jpg Ilustrasi Pesawat (foto: Shutterstock)

SAAT hendak berlibur menggunakan pesawat sering kali Anda diajak mengudara pada ketinggian 35 ribu kaki (10,600 meter) di atas permukaan laut. Pasti penasaran kenapa harus setinggi itu?

Pasti banyak alasan mengapa harus terbang setinggi angka tersebut. Dan, ini berhubungan dengan keselamatan Anda, jadi enggak usah khawatir ketika berada di atas sana.

Intip yuk alasannya sebagaimana dikutip Traveller, Jumat (17/3/2017)

Semakin tinggi lebih baik

Salah satu alasan utama di balik jalur penerbangan adalah udara akan semakin menipis sehingga memudahkan pesawat untuk terbang lebih cepat.

Sebab, saat mengudara di ketinggian rendah oksigen yang didapatkan cukup hanya saja kecepatan melamban, sementara jika di ketinggian maksimum, pesawat akan habiskan energi untuk memasok oksigen dan menambah kecepatan.

"Setiap maskapai memiliki optimum altitude yang didasari dari berat individual," ungkap Peter Terry seorang kapten.

Bagaimana dengan cuaca di atas sana?

Terbang ratusan kaki dari bawah membuat pesawat biasanya menghindari cuaca buruk. Jadi, ketika Anda melihat pemandangan biru langit di jendela, berarti Anda sedang berada di ketinggian 35 ribu kaki.

Cuaca cerah ini jika terbang rendah akan menyebabkan banyak tubulensi, sementara di ketinggian 36 ribu kaki, akan sedikit terjadinya tubulensi.

Menghindari kepadatan lalu lintas

Terbang tinggi juga berarti pesawat Anda mampu untuk terhindar dari kepadatan lalin di udara. Misalnya saja ada serangga atau burung ketika sedang rendah.

Seberapa dingin?

Semakin tinggi Anda terbang maka akan semakin dingin yang terasa. Jika temperatur sekitar -57C Anda sedang berada di ketinggian 40 ribu kaki. Sedangkan -54 C, Anda sedang berada di ketinggian 35 ribu kaki.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini