Mitos Temukan Masjid dan Emas di Hutan Lambusango, Buton

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 07 April 2017 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 07 406 1661413 mitos-temukan-masjid-dan-emas-di-hutan-lambusango-buton-DMJAdij1XX.JPG Hutan Lambusango, Buton (foto: Instagram/@whereiscristian)

HUTAN Lambusango di Pulau Buton, yang menjadi salah satu paru-paru Indonesia, tidak lepas dari mitos. Di antara mitos yang diyakini masyarakat sekitar dari kisah turun temurun adalah orang yang datang ke sana bisa menemukan emas atau melihat masjid jika memiliki niat baik saat masuk ke dalamnya.

Ketika Okezone berkesempatan berkunjung ke Hutan Lambusango, 2016 silam, warga sekitar yang berjaga di sekitar hutan mengatakan bahwa hal-hal ajaib bisa terjadi pada manusia yang masuk ke dalam hutan. Tergantung dengan niatnya, baik atau buruk.

Jelajah hutan dan sungai buton #livefolkindonesia #lifeofadventure #jelajahsultra

Sebuah kiriman dibagikan oleh xaverius_endro (@xaverius_endro) pada Nov 7, 2016 pada 2:13 PST

"Ada kepercayaan kalau orang datang mengharap emas untuk membantu keluarga, mereka akan menemukan emas itu di dalam hutan. Ada juga yang bilang, orang baik bisa melihat masjid. Kalau niatnya buruk, ya tidak dapat apa-apa," kata salah seorang penduduk yang tidak ingin disebutkan namanya.

Namun demikian, kini banyak wisatawan yang datang ke Hutan Lambusango untuk kegiatan positif seperti berwisata hutan dan mengenal flora serta fauna endemik di sana. Sebagai benteng terakhir Wallacea, yaitu wilayah percampuran fauna Asia dan Australia, hutan ini sangat kaya akan keanekaragaman hayati yang menarik untuk dipelajari manusia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini