April Waktu yang Tepat Mulai Mendaki Gunung-Gunung Ini

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 09 April 2017 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 07 406 1661889 april-waktu-yang-tepat-mulai-mendaki-gunung-gunung-ini-OTNFI6VJKo.jpg Gunung Semeru (foto: Zabur Karuru/Antara)

MUSIM hujan yang tidak kondusif di awal tahun serta penutupan beberapa kawasan taman nasional untuk peremajaan, mungkin membuat hasrat Anda untuk mendaki harus tertahan. Tapi, April ini, beberapa gunung eksotis di Indonesia kembali dibuka untuk pendakian.

Setidaknya ada empat gunung yang sudah dibuka saat ini. Gunung mana saja? Berikut daftarnya:

Gunung Gede Pangrango

Sejak ditutup tiga bulan lalu untuk pemulihan ekosistem dan mengantisipasi cuaca buruk, gunung di Bogor, Jawa Barat, ini telah kembali dibuka mulai 1 April. Jalur pendakian ke dua puncak gunung yang berbeda ini bisa dari Cibodas, Cianjur, Salabintana Sukabumi, dan Gunung Putri.

Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Pulau Jawa, yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ini juga baru dibuka per 5 April 2017.

Frekuensi hujan saat ini telah tercatat menurun, sehingga pihak taman nasional menyatakan gunung ini sudah aman untuk didaki. Selain itu, beberapa jalur juga telah diperjelas guna mencegah pendaki tersesat.

Gunung Rinjani

Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini juga telah resmi dibuka per 1 April 2017. Hal ini diumumkan langsung oleh pihak Taman Nasional Gunung Rinjani.

Sebelum naik, calon pendaki diharapkan memberikan data barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah dan membawanya kembali turun, agar tidak dikenai denda. Selain itu, melaporlah pada petugas Taman Nasional pada saat akan berangkat dan turun.

Gunung Prau

Gunung cantik di Dieng, Jawa Tengah, ini juga ikut kembali dibuka pada 5 April 2017. Sekitar enam basecamp pendakian bisa Anda datangi untuk memulai pendakian. Tetap jaga lingkungan sangat mendaki dan tidak membuang sampah sembarangnya ya!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini