Rumah Suku Indian di Lereng Gunung Lawu Jadi Alternatif Libur Panjang Paskah

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 14 April 2017 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 14 406 1667503 rumah-suku-indian-di-lereng-gunung-lawu-jadi-alternatif-libur-panjang-paskah-kxLdugJOHK.jpg Kemah ala Suku Indian di Tawangmangu (foto: Bramantyo/Okezone)

BOSAN dengan liburan yang biasa saja, tak salah jika memilih liburan yang sedikit berbeda. Bagi pencinta dunia alam bebas, biasanya berkemah menggunakan tenda, maka kali ini wisatawan bisa merasakan berkemah ala suku Indian.

Dengan rumah khas ala suku Indian, Amerika berbentuk kerucut yang beratapkan daun ilalalang. Sensasi kenikmatan bisa Anda nikmati saat berlibur di Lereng Gunung Lawu.

(foto: Bramantyo/Okezone)

Selain rumah khas suku Indian, suasana berbeda juga terasa dengaan keberadaan totem (patung kayu berukir khas Indian) yang sengaja dipasang di seputaran lokasi perkemahan.

Termasuk penempatan lokasi api unggun yang dilengkapi kursi dan meja dari kayu gelondongan yang dibelah memanjang.

Dikelilingi pepohonan pinus yang hijau juga asri dan udara yang sejuk, Welit Super Camp yang dikola Perhutani menjadi trend wisata baru di Tawangmangu. Lokasi destinasi wisata ini terletak Wahana Wisata Bumi Perkemahan Sekipan, di Kalisoro Tawangmangu.

(foto: Bramantyo/Okezone)

Bumi perkemahan ini awalnya bernama Sekar Jinggo yang artinya bunga berwarna jingga ini menjadi lokasi berburu bagi para raja dan pangeran dari Kraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Bahkan Sekipan juga digunakan sebagai lokasi latihan menembak.

Saat ini di Sekipan didirikan tenda-tenda berbentuk kerucut dengan kapasitas maksimal tiga orang. Tenda unik khas suku Indian ini juga dilengkapi matras dan dua unit sleeping bag dan lampu minyak di depan tenda. Pengunjung akan dikenakan biaya Rp150 ribu per malam untuk hari biasa dan Rp200 ribu untuk akhir pekan.

Untuk masuk ke lokasi bumi perkemahan Sekipan ini, pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp7.500/orang, murah bukan.

(foto: Bramantyo/Okezone)

Lokasi perkemahan bisa diakses dengan menggunakan motor dan mobil hingga di depan lokasi perkemahan yang di depannnya mengalir sungai yang dingin dan jernih airnya.

Fasilitas di bumi perkemahan ini cukup lengkap, pengunjung tidak perlu repot membawa peralatan memasak. Banyak tersedia warung makan yang buka 24 jam saat ramai pengunjung yang berkemah.

Demikian juga fasilitas umum yang tersedia juga lengkap misalkan kamar mandi, musala dan ruang pertemuan. Sehingga cocok untuk outbond bagi keluarga maupun perusahaan.

(foto: Bramantyo/Okezone)

Adi, warga Solo, mengaku sangat menyukai suasana perkemahan ala suku Indian di bumi perkemahan Sekipan, Tawangmangu. Selain bisa melepas kepenatan, dirinya bisa bergaya di depan rumah ala suku Indian ini.

"Tak perlu jauh-jauh untuk ke Amerika, di sini juga ada rumah ala suku Indian. Bentuknya juga sama tak ada yang berbeda," tutur Adi. (fid)

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini