Share

Yuk, Napak Tilas Perjuangan Pangeran Diponegoro di Gua Selarong

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 18 April 2017 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 18 406 1670538 yuk-napak-tilas-perjuangan-pangeran-diponegoro-di-gua-selarong-fxFHnZVwzC.JPG Gua Selarong, Bantul, Yogyakarta (foto: Instagram/@gunawanjir)

BANTUL di Jawa Tengah sekarang menjadi salah satu tujuan wisatawan ketika menyambangi Yogyakarta. Banyak wisata bersejarah yang bisa disambangi salah satunya Gua Selarong.

Gua Selarong selama ini menjadi tujuan wisatawan untuk wisata religi, sebab dulunya gua tersebut digunakan sebagai tempat menyendiri pangeran Diponegoro ketika melawan penjajah.

Pangeran Diponegoro di dalam Gua Selarong biasanya digunakan untuk meditasi, dan mengatur strategi berperang, ia juga menjadi gua tersebut sebagai markas besar para pahlawan lainnya untuk merebut kekuasaan Belanda.

Bersejarah, sedikit terlupakan Goa Selarong merupakan markas Pangeran Diponegoro saat melakukan perang gerilya melawan penjajah Belanda tahun 1825 -1830. Di Goa Selarong sendiri terdapat dua goa utama yaitu Goa Kakung dan Goa Putri. Goa Kakung merupakan tempat tinggal Pangeran Diponegoro, sedangkan Goa Putri digunakan sebagai tempat tinggal selir Pangeran Diponegoro yaitu Raden Ayu Ratnaningsih. . . Photo by @gunawanjir . Loc: Goa Selarong, Kembang Putihan, Guwosari, Pajangan, Bantul, DIY. . #goaselarong #wisata #sejarah #diponegoro #bantul #visitjogja #jogjaku #jpmpjogja #jogja #jogjajateng #jogjaistimewa #yogyakarta #piknikjogja #dolanjogja Jangan lupa tag @wisataselarong dan gunakan hastag #wisataselarong #goaselarong untuk mengeksplore keindahan Selarong.

A post shared by Goa Selarong (@wisataselarong) on Apr 16, 2017 at 11:26pm PDT

Oleh sebab itu, untuk mengenang perjuangan Pangeran bersama pahlawan lainnya, wisatawan menjadikan tempat ini sebagai tempat berdoa, dan juga bermeditasi. Suasana tenang di dalam gua membuat doa lebih nikmat dan juga nyaman.

Fasilitas di gua Selarong tersebut hanya disediakan toilet umum saja, kemudian untuk biaya masuknya sekitar Rp 2 ribu. Di sekitar gua juga Anda akan menemukan pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner serta souvenir.

Jika menelusuri gua masih belum membuat Anda puas, Anda bisa juga berkemah di kawasan ini untuk merasakan suasana mistik dan melihat penampakan, Sehingga liburan pun akan semakin seru dan menegangkan bukan?

Gua ini berada di kawasan Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Untuk mencapainya membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini