Kontribusi untuk Jaga Kelestarian Alam yang Bisa Dilakukan saat Travelling

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 25 April 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 25 406 1675572 kontribusi-untuk-jaga-kelestarian-alam-yang-bisa-dilakukan-saat-travelling-C6va47d63G.jpg Eco Travel (Foto: Travelerstoday)

MELAKUKAN kegiatan travelling atau bepergian menuntut kita agar bertanggung jawab menjaga apa yang kita datangi dan manfaatkan. Dalam peringatan Hari Bumi Internasional pekan ini, Anda bisa mulai memikirkan kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk bumi tercinta.

Anda bisa menunjukkan kecintaan Anda pada bumi dengan memastikan sesuatunya ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu lingkungan tetap terjaga, seperti dikutip dari Travelerstoday, Senin (25/4/2017).

Bawa botol air yang bisa digunakan kembali

Membeli botol kemasan saat travelling ke destinasi wisata bisa Anda hindari untuk mencegah penumpukan sampah yang bisa dikendalikan. Perlu diketahui, plastik botol membutuhkan waktu seribu tahun untuk membusuk. Anda bisa membuat perbedaan dengan membawa botol air yang dapat digunakan kembali.

Beli produk buatan lokal sebisa mungkin

Ini adalah cara yang bagus untuk benar-benar mengenal budaya lokal. Dan menurut Conserve Energy Future, membeli makanan buatan lokal memungkinkan makanan diproduksi dengan cara sealami mungkin, daripada makanan cepat saji. Ini juga akan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah yang kita datangi.

Manfaatkan transportasi umum

Selain murah, Anda akan mengurangi jejak karbon saat mengunjungi tempat baru. Berjalan dan mengendarai sepeda juga bagus, karena ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Lemparkan sampah Anda dengan benar

Tanpa sadar, kebiasaan melempar sampah sembarangan bisa berkontribusi mencemari pemandangan dan merusak lingkungan lebih lanjut. Sebagian besar tempat sampah di seluruh dunia juga sudah memiliki wadah untuk sampah yang dapat didaur ulang dan tidak.

Belajar untuk tahu di mana Anda harus membuang sampah akan memberi perubahan positif pada lingkungan. (ren)

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini