Kenali Kota Bandung di Pendopo hingga Taman Sejarah

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 30 April 2017 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 28 406 1679056 kenali-kota-bandung-di-pendopo-hingga-taman-sejarah-ON8ePlUk45.JPG Museum Sejarah Bandung (foto: Instagram/@sunardirustandi)

SEBAGAI salah satu kota yang dicintai banyak generasi, Bandung memiliki sejarah yang tidak boleh dilupakan. Meski terdengar membosankan, mengenal sejarah Bandung tidak akan demikian jika Anda datang ke beberapa lokasi wisata sejarah baru di Ibukota Jawa Barat tersebut.

Ada Pendopo atau Balai Kota Bandung yang juga menjadi rumah dinas bagi Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Baru-baru ini juga telah dibuka Taman Sejarah, yang berlokasi di bekas lahan parkir Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Aceh, Bandung.

Selanjutnya, Pendopo dibuka untuk wisata hanya setiap Sabtu dan Minggu di jam yang sama, antara jam 09.00-12.00 dan 13.30-16.00. Bangunan dari abad ke-1812 tersebut dijadikan rumah dinas Wali Kota Madya atau kepala daerah tingkat II Bandung sejak 1993.

Sementara itu, wisata Taman Sejarah yang baru dibuka awal Februari lalu akan menambah wawasan sejarah tentang pemimpin-pemimpin Kota Bandung. Selain itu, sejarah Bandung di Era Wiratakusuma dan Bandung Planning Gallery juga bisa ditelusuri melalui relief-relief.

Taman Sejarah ini memiliki kolam kecil di sudut taman, yang cocok untuk tempat bermain anak-anak. Selain itu, ada banyak spot menarik untuk objek foto atau latar belakang berfoto selfie. Taman Sejarah ini berlokasi di perempatan dekat Jalan Aceh dan Jalan Merdeka, Bandung.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini