3 Tempat Bersejarah di Bali yang Perlu Kamu Tahu!

Tentry Yudvi, Jurnalis · Minggu 30 April 2017 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 28 406 1679082 3-tempat-bersejarah-di-bali-yang-perlu-kamu-tahu-9V9rBjYthC.JPG Istana Taman Air Ujung, Bali (foto: Instagram/@lenysechka)

PULAU Dewata selama ini dikenal sebagai pusat pariwisata karena banyaknya kunjungan wisatawan dunia ke pulau ini. Mereka biasanya tertarik dengan bangunan bersejarah dan juga budaya.

Memang, Bali juga terkenal dengan panorama cantik karena hadirnya pantai-pantai tropis. Namun, ada lho sisi lain di destinasi ini yang memiliki situs bangunan bersejarah yang harus kamu tahu dan sayang untuk dilewatkan.

Tirta Gangga

No capt .. . . . . . . . . . . . . . . . . . #tirtagangga #karangasem #likephoto #like4follow #likeforlike

Sebuah kiriman dibagikan oleh aNgRy PuTrI DiNaNtI (@angry_putri_dinanti) pada Apr 27, 2017 pada 4:50 PDT

Tirta Gangga ini merupakan lokasi yang dikenal sebagai tempat peninggalan dari Kerajaan Karangasem yang masih bagus dan ditata indah.

Tempat tersebut dibangun oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung di tahun 1946. Namun, saat letusan Gunung Agung, kawasan ini pun rusak sehingga direvitalisasi.

Kini, keindahan bangunan sangat cantik. Wisatawan bisa melihat relief-relief cantik yang ada di sana. Apalagi, keindahan juga dipadukan dengan danau buatan yang tertata cantik.

Istana Taman Air Ujung

#tamanujung #indonesia #bali

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lena Boldyreva (@lenysechka) pada Okt 17, 2016 pada 9:43 PDT

Istana cantik ini juga memiliki kisah sejarah dari Kerajaan Karangasem. Dibangun di tahun 1901 dulunya dijadikan sebagai tempat pembuangan ilmu hitam atau biasa disebut kolam Dirah.

Kemudian di tahun 1909, raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik memandatkan dua orang aristektur Van Den Hentz dari Belanda, dan Loto Ang dari Tiongkok untuk membangun istana.

Oleh sebab itu, istana ini memiliki nuansa kolonial Belanda bercampurkan dengan Tiongkok. Tempat tersebut juga sangat sempurna karena menawarkan pemandangan alam yang indah.

Gunung Kawi

#gunungkawi #Ubud #Bali #Indonesia #hindutemple #temple

Sebuah kiriman dibagikan oleh Marko - Nürnberg, Niš, Hawaii (@markoristic83) pada Apr 27, 2017 pada 1:25 PDT

Di Gunung Kawi ini terdapat sebuah tempat bersejarah yang berada di tebing. Situs tersebut berisikan patung-patung seperti pagoda yang terukir cantik.

Ukiran besar tersebut dipahatkan ke tebing, dan memiliki tulisan-tulisan yang kuno. Banyak yang meyakini jika situs tersebut sudah ada sejak zaman kerajaan Udayana di abad ke-11.

Namun sekarang menjadi tempat ibadah umat Hindu di Bali. Jika Anda tertarik, bisa langsung melancong ke kawasan Candi dengan waktu tempuh 40 menit. (fid)

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini