Itinerary 3 Hari 2 Malam Liburan di Yogyakarta yang Anti-Mainstream

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 06 Mei 2017 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 05 406 1684345 itinerary-3-hari-2-malam-liburan-di-yogyakarta-yang-anti-mainstream-OqIp8NtPko.jpg Malioboro, Yogyakarta (foto: Dewi Kania/Okezone)

JANGAN pernah bosan datang ke Yogyakarta meski Anda cukup sering ke sana. Biar beda dan tidak hanya mampir ke Malioboro, ada panduan seru keliling Yogyakarta tiga hari dua malam.

Berikut adalah itinerary keliling Yogyakarta yang dirangkum Okezone, Sabtu (5/5/2017). Baca dulu yuk, sebelum jalan-jalan!

Ayo mau kemana? #yogyakarta #jogja #explorejogja #jogjaistimewa #potrait #streetphotography #streetstyle #streetactivity

Sebuah kiriman dibagikan oleh anak siapa ini? (@feelingbeast) pada Mei 5, 2017 pada 3:43 PDT

Hari pertama

Jika datang pagi hari di Kota Gudeg ini, Anda bisa mampir mengisi perut di dekat area bandara atau stasiun kereta. Pilihan rekomendasinya yaitu makan gudeg, soto bening, ayam goreng kremes, sampai menu lotek yang khas. Manfaatkan waktu pagi hari sebelum check in hotel di siang hari. Kalau sudah kenyang, Anda bisa melipir langsung ke kawasan Malioboro yang kini rapi.

Lanjut setelah check in, Anda dapat mengunjungi lokasi wisata Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat menaiki TransJogja lewat halte yang tersedia.

Kalau tidak ingin jauh-jauh, Anda dapat menyusuri lorong pedagang souvenir, mampir ke Benteng Vredeburg, belanja di Pasar Beringharjo, menghabiskan waktu menjelang sore di kawasan titik 0 km, yakni dekat Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949.

Sore hari, Anda bisa kembali ke hotel untuk istirahat atau mengisi perut di tempat makan yang berjejer di sepanjang kawasan ring satu kota itu. Ada pilihan makanan pinggir jalan seperti angkringan atau kafe-kafe keren di sekitarnya, sebelum menuju ke hotel.

Malamnya, Anda dapat melepas rindu di Tugu Yogyakarta. Kini, lokasi ini tambah keren untuk foto-foto. Ada tokoh gatot kaca dan hanoman yang bisa diajak berpose di sisi tugu.

Lalu, saat hari sudah malam, Anda juga dapat berburu coffee shop atau kuliner khas lainnya. Jejeran kedai kopi itu berada di Jalan Palagan, kawasan Demangan atau Babarsari, atau di sekitar Plaza Ambarukmo.

Hari kedua

...karena merapi tak pernah ingkar janji . 📷 : @eggieeew #merapimountain #lavatourmerapi #explorejogja #jogjaistimewa

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rezky Andrian (@iamrezkyandrian) pada Mei 5, 2017 pada 2:43 PDT

Anda bisa menyewa mobil untuk mengunjungi daera wisata di Bantul, Sleman atau Gunungkidul. Paling mudah jalurnya, Anda dapat mengunjungi kawasan Sleman. Kini banyak ditawarkan atraksi wisata seperti Desa Wisata Pentingsari, Lava Tour Merapi, datang ke Stone Heng yang hits di media sosial.

Opsi lain, Anda juga dapat berkunjung ke kawasan Bantul. Di sana ada Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus yang juga Instagramable. Lalu, bisa juga memilig ke kawasan Gunungkidul. Ada banyak pantai yang cantik dan gahar pemandangannya atau mengunjungi kawasan Gunung Api Purba yang sering didatangi wisatawan.

Lalu, cari tempat makan atau nongkrong yang hits mumpung Anda liburan kesana. Anda bisa mendatangi Roaster and Bear, Epic Coffee, Linglung Coffee atau pilih makan gelato di dekat kampus UGM.

Hari ketiga

Ketika tua nanti, Yakin de masih mau sama abang ? 😅 . . . Loc : Museum Affandi, Yogyakarta. #museumaffandi #affandi #museumjogja #potretjogja #faceapp

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dimas Zaki Abdurrafi (@dimaszakiabdurrafi) pada Mei 3, 2017 pada 9:20 PDT

Jika Anda memilih tiket di siang hari, jangan coba-coba untuk mengunjungi lokasi wisata yang jauh dari bandara. Salah-salah, Anda bisa ketinggalan pesawat. Anda dapat melanjutkan untuk menjelajahi aneka museum di Yogyakarta, seperti Museum Affandi.

Atau Anda bisa mencari buah tangan khas Yogyakarta di dekat Malioboro. Kalau jauh dari lokasi ring satu, Anda bisa mampir beli oleh-oleh di sekitar bandara. Apalagi kalau bukan beli bakpia, aneka keripik, jenang, atau mau jajal oleh-oleh baru pastry scrummy namanya.

Kalau naik kereta malam hari, Anda masih bisa mendatangi lokasi wisata di pinggiran Yogyakarta, tapi pilih yang jangan terlalu jauh dan aksesnya susah. Bagaimana ingin mencoba liburan dengan itinerary ini

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini